wonderkid_indonesia_di_luar_negeri

Bermain di luar negeri, khususnya liga top Eropa jelas adalah impian setiap pesepakbola Tanah Air. Namun ternyata tidak banyak diketahui orang, beberapa pemain muda penuh talenta Indonesia telah menapakkan jejak kariernya di luar negeri sejak usia muda.

Selama ini terkait dengan julukan  wonder kid Indonesia, kini mungkin hanya mengenal nama Tristan, yang sempat dikaitkan dengan Ajax Amsterdam. Tapi ternyata disamping Tristan ada beberapa nama yang sejak usia muda juga telah merasakan ganasnya persaingan sepakbola di negeri orang. Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya, seperti yang telah dibuat oleh Four Four Two :

Angga Rezky Fitraispan (CD La Union – Spanyol)

Pemuda 17 tahun kelahiran Mampang, Jakarta Selatan, ini sudah sejak lama merasakan kerasnya persaingan di Spanyol. Waktu usianya masih menginjak enam tahun, Angga Rezky Fitraispan dibawa oleh sang ayah, Paiman, yang bekerja sebagai juru masak hotel ke salah satu kota di negeri matador, Murcia.

angga-rezky-fitraispan

Memasuki usia ke delapan, Angga bergabung dengan sebuah klub sepakbola lokal di sana. Total dirinya sudah merasakan atmosfer di dua klub berbeda, yakni CD La Manga dan CD La Union (klubnya saat ini).

Meski persaingan terbilang berat, namun hal tersebut justru membuat Angga terus termotivasi. Itu membuat dirinya sukses beberapa kali menembus pemusatan latihan yang digelar oleh dua klub besar Spanyol, Real Madrid (2012) dan Barcelona (2014). Tak hanya itu, ia juga tercatat sebagai salah satu pemain muda yang resmi terdaftar di Federasi Sepakbola Spanyol (REEF).

”Lumayan mas buat nambah ilmu, paling tidak Angga bisa tahu cara main secara tiki-taka ala Barcelona. Ada 76 anak yang terjaring di wilayah Murcia dan sekitarnya ikut pelatihan ini. Sedangkan dari klub Angga, La Union, ada tiga pemain,” kata ayah Angga.

Angga sendiri biasa  bermain di posisi winger. Dirinya mengaku jika panutan  dalam permainannya selama ini adalah penyerang sayap milik Blaugrana, Neymar. Pemuda pasangan Paiman dan Isnaeni tersebut memiliki kemampuan istimewa  dalam hal dribel dan passing.
Abdurrahman Iwan (Al-Wakrah – Qatar)

Anda bermimpi mendambakan tim nasional Indonesia kelak memiliki seorang pemain dengan kemampuan ciamik layaknya legenda tim nasional Argentina, Diego Maradona? Ya,  bisa jadi nama Abdurrahman Iwan  menjadi satu pemain yang anda harapkan. Dia adalah salah satu pesepakbola belia tanah air yang saat ini tengah  berkarier di Qatar.

Pemain asli Jawa Barat ini memiliki kemampuan olah bola yang menawan. Mulai dari dribel, mengumpan, menjaga bola, sampai penyelesaian akhir.  Bocah yang  bisa berposisi sebagai striker maupun attacking midfilder  ini seakan dianugerahi talenta alam yang luar biasa.

Abdurrahman-Iwan-Bocah-Ajaib-9-Tahun-Cetak-42-Gol-di-Liga-Qatar-Junior-55-640x389

Meski usianya baru 10 tahun, namun prestasi yang berhasil ia torehkan di atas lapangan bukan hal yang main-main. Iwan, yang dijuluki sebagai Maradona Indonesia, mampu tampil sebagai top skorer di ajang Liga Junior Qatar  selama dua musim beruntun. Pada musim 2014/15 bahkan  ia berhasil menorehkan catatan impresif dengan mengemas total 42 gol, sedangkan di musim 2015/16 Iwan sukses membukukan 37 gol untuk timnya.
Torehannya tersebut tentu saja berbanding lurus dengan gelar yang ia persembahkan bagi klubnya saat ini, SC Al Wakrah. Ia berhasil mengantarkan Al Wakrah dua kali merebut gelar di event internasional bernama International Triseries Tournament.

Selain bermain untuk SC Al Wakrah, anak dari Iwan Kuswanto ini tercatat sebagai pemain di akademi ternama di Qatar, Aspire Football Academy Qatar. Perlu diketahui, Aspire Academy adalah akademi sepakbola terbesar di daratan Asia dan bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi bagian dari akademi itu karena harus melewati seleki super ketat terlebih dahulu.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Kuswanto, selain memiliki fasilitas super mewah dan Sport Science yang komplet, Aspire Academy juga memiliki standar kurikulum yang tinggi.
Andri Syahputra (Al-Gharafa – Qatar)

Satu lagi nama pesepakbola muda yang berkarier di Qatar, ia adalah  Andi Syahputra. Pemuda ini sudah membuat heboh persepakbolaan Qatar sejak berusia tujuh tahun. Setelah tampil mengesankan bersama klub pro Al Khor, putra dari Agus Sudarmanto itu kemudian langsung diminta untuk bergabung bersama klub elit, Al Gharafa.

Sama seperti Iwan, Andri kemudian juga berhasil masuk ke Aspire Football Academy Qatar setelah selalu tampil apik bersama skuat junior Al-Gharafa. Pemuda yang kini berusia 17 tahun tersebut membuktikan bahwa kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar  benar-benar menakjubkan.

andri-syahputra

Selama tiga musim sejak masuk ke tim U-17, Andri tidak pernah absen menjadi pemain dengan koleksi  gol terbanyak di ajang Liga Utama Qatar U-17. Disamping itu,  Andri juga dinilai sebagai pemain yang serba bisa. Ia kerap gonta-ganti posisi seperti misalnya penyerang sayap, penyerang utama dan playmaker. Andri bisa menyesuaikan perannya di sejumlah posisi tersebut sesuai apa yang diinstruksikan oleh sang pelatih untuk timnya.

karier pemain yang lahir di Aceh ini tampaknya bakal bersinar cerah. Itu karena ia selalu bermain dengan konsisten dan bekerja keras, terlebih saat Aspire Academy melakukan uji tanding dengan sejumlah klub-klub junior Eropa. Dirinya bahkan selalu menjadi protagonis dalam kemenangan klubnya atas tim-tim junior Eropa seperti PSG, Celta Vigo dan Sporting Gijon. Hal inilah yang membuat Andri terus dilirik oleh pencari bakat klub-klub top Eropa hingga saat ini.
Yussa Nugraha (SC Feyenoord C1)

Pemuda bernama lengkap Yussarexsava Putra Nugraha ini merupakan pemain inti di tim SC Feyenoord C1. Sekedar informasi, tim junior  Feyenord Rotterdam itu kini sedang berlaga di kompetisi junior U-15 Divisi Satu.

Remaja berumur 15 tahun ini juga sudah sejak lama memulai karirnya di Belanda, yakni kurang lebih tujuh tahun. Sebelum berlabuh di Feyenoord, ia lebih dulu memperkuat klub amatir, VV Haagsehout dan SVV Scheveningen.

Selama kurang lebih satu tahun di Rotterdam, Yussa sudah berhasil meraih sejumlah prestasi yang membanggakan, di antaranya menjuarai turnamen RR Cup 2015 dan runner-up KNVB Beker 2015.

Yussa-Nugraha
Yussa sendiri banyak dinilai publik Belanda memiliki kemampuan seperti Cristiano Ronaldo.  Hal tersebut karena selain ia kerap menjadi andalan tim di posisi sayap kanan dan kiri, Yussa juga memiliki kaki kanan yang kuat. Pemain yang lahir di Solo, Jawa tengah tersebut juga dianggap punya skill ciamik dalam hal mengumpan, menjaga bola, serta melakukan penyelesaian akhir.

Ini dibuktikan dengan torehan gol serta assist-nya di musim ini. Sejauh ini, dirinya sudah mengumpulkan 8 gol dan 9 assist. Musim lalu, ia bahkan menempatkan dirinya sebagai top skorer SC Feyenoord dengan catatan 18 gol dan 13 assist dari 33 laga.

Semoga memang diantara nama-nama tersebut memang bisa terus berkarier di Eropa dan membanggakan masyarakat di Tanah Air, serta mampu membawa kejayaan sepakbola Indonesia di level internasional melalui timnas.

Video Wonderkid Indonesia :

 

 


Terbaru

Terungkap! Hal Inilah yang Membuat Stefano Lilipaly Terpikat dengan Indonesia

STRIKER.ID - Sebagai pemain naturalisasi yang tengah menitih karir di luar negeri bersama klub SC Cambuur, Stefano Lilipaly tetap merasa Indonesia sebagai negara yang...

Ini Penjaga Gawang Baru Torino Setelah Kehilangan Joe Hart

STRIKER.ID -Usai ditinggal pulang Joe Hart balik ke Manchester City, Torino umumkan penjaga gawang baru pengganti, Salvatore Sirigu. Mantan penjaga gawang Paris Saint Germain ini dibe..

Wow… Kembali Media Asing Soroti Kinerja dari Essien dan Cole, Tapi Begini…

STRIKER.ID - Duo pemain asing yang pernah berkiprah di Premier League yang dimiliki Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole masih belum bisa menunjukkan...

Ariel Tatum Dijadikan Ini, Mengejutkan Reaksi dari Ryuji Utomo

STRIKER.ID - Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo yang tengah menjalin asmara dengan salah satu artis ibu kota, Ariel Tatum belakangan menghebohkan media sosial. Iya,...

Wow.. Erza Walian Digenjot Latihan Khusus Untuk Kejar Ini

STRIKER.ID - Setelah menjalani porses negosiasi dengan klub barunya di Eropa, striker timnas U-22 kembali merapat kebarisan Luis Milla. Erza kembali ke Jakarta sejak 24 Juni lalu dan saat ini sedang mempersiapakan pemusatan latihan...

Djajang Nurjaman Tetap Siapkan Strategi Untuk Persib dari Luar Negeri

STRIKER.ID - Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman bakal meninggalkan kota Bandung mulai Rabu (28/6) bersama sang istri menuju tanah suci Mekkah untuk menjalankan ibadah...