1429365699

Secara mengejutkan nama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi muncul sebagai calon resmi Ketua Umum PSSI periode 2016-2020. Nama Imam tercatat dalam daftar kandidar yang diumumkan oleh Ketua Komite Pemilihan, Agum Gumelar.

Dilansir dari Bola, selain Imam, ada 15 nama lainnya yang juga menjadi bakal calon PSSI 1. Namun, mereka masih harus melalui proses verifikasi pada 5–11 September 2016.

“Tanggal 11 kami akan mengumumkan siapa saja calon yang lolos seleksi. Kemudian pada 12-16 September akan ada proses banding,” ujar Agum di Sekretariat kantor DPP Pepabri, Jakarta Pusat, Rabu (07/09/2016).

“Kemudian pada 17–18 akan ada sidang penentuan hasil banding, sekaligus pengumuman hasil banding pada 18 September. Lalu pada 19 September sampai 17 Oktober akan diumumkan siapa saja calon yang lolos,” tambahnya.

imam-nahrawi

Sementara seperti diberitakan Republika, Imam Nahrawi sendiri menolak pengusulan namanya sebagai bakal calon Ketua Umum PSSI. Kata dia, jabatannya sebagai menteri tak memungkinkan baginya memimpin badan induk sepak bola nasional tersebut.

“Saya nggak bersedia (dicalonkan),” ujar dia, saat ditemui di Jakarta, Rabu (07/09/2016).

Imam melanjutkan, dirinya tak mungkin hadir di bursa pencalonan. Dia menilai, pencalonannya tersebut, cuma bagian dari aspirasi dan harapan yang baik dari beberapa anggota provinsi.

Akan tetapi, dia menambahkan, tak bisa melanjutkan harapan tersebut. Dia menyarankan agar anggota yang mencalonkan namanya itu, mengalihkan suaranya ke bakal calon yang lebih mumpuni memimpin PSSI.

Juru Bicara KP PSSI, Irawadi Hanafi mengungkapkan, sejumlah anggota PSSI mendaftarkan nama Imam sebagai bakal calon ketua umum PSSI. Kata dia, salah satu anggota yang menyorongkan nama politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, yaitu Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur (Jatim).

Nama Imam, diterangkan Irawadi, masuk ke penjaringan bakal calon di hari terakhir pendaftaran, pada Senin (05/09/2016). Masuknya nama Imam, diterangkan Irawadi sah dan menjadi hak anggota yang mengusulkan.

KP PSSI sendiri, sampai batas akhir pendaftaaran bakal calon ketua umum PSSI, sudah mengantongi 14 nama. Seluruh nama bakal calon itu, termasuk Imam.

Nama tenar lainnya yang masuk ke bursa bakal calon, yaitu mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Moeldoko dan Pangkostrad Letnan Jenderal (Letjend) Edy Rahmayadi. Selain itu, ada juga nama bos Bosowa Grup Erwin Aksa.

Nantinya, kandidat yang lolos seleksi akan bertarung pada Kongres Pemilihan di Makassar, 17 Oktober mendatang. Mereka akan dipilih langsung oleh voters atau pemilik suara.

Berikut 16 daftar calon ketua umum PSSI:

1. Benhard Limbong
2. Djohar Arifin Husen
3. Arief Putra Wicaksono
4. Eddy Rumpoko
5. Sarman
6. Tonny Apriliani
7. Edy Rahmayadi
8. Moeldoko
9. Erwin Aksa
10. Kurniawan Dwi Yulianto
11. Eddy Sofyan
12. J. Erwiantoro
13. Joko Driyono
14. Imam Nahrawi
15. Ferry Paulus
16. Andi Rukmana Karumpa

Komentar

komentar