50c7110c4d4e8b64654e1040a488f4c9

Pasca terpilihnya Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat (AS) permasalahan dan isu SARA di masyarakat Negeri Paman Sam terus merebak.

Masyarakat berideologi rasis yang sebelumnya tak banyak bersuara kini makin lantang.

Isu agama yang terbaru adalah  yang menimpa petinju 16 tahun Amaiya Zafar, yang terpaksa didiskualifikasi Asosiasi Tinju Internasional alias KO sebelum bertanding.

Apa sabebnya? Ternyata masalahnya  Zafar tidak mau melepaskan jilbabnya saat bertanding,  karena dia memang seorang muslim yang taat.

Pakaiannya terbilang  cukup tertutup untuk seorang petinju yang mengikuti Kejuaran Nasional Tinju Amatir di Kissimmee, Florida. Sehingga hal ini dinilai sebagai bagian pelanggaran dari aturan dan regulasi tinju.

Direktur Eksekutif USA Boxing Martino mengatakan jilbab dan pakaian tertutup yang dikenakan Zafar dinilai bisa membahayakannya saat bertarung di atas ring.

“Jelas ini masalah keamanan,” kata Martino dikutip SuperBall.id dari Washington Post, Rabu (23/11/2016).

Untuk seorang petinju, Zafar memakai lengan baju yang panjang. Dia juga memakai leging yang dikombinasikan dengan celana pendek.

Martino menganggap pakaian itu bisa menimbulkan cedera pada fisik Zafar. Selain itu wasit juga tidak bisa melihat jika Zafar mengalami luka sebelum bertanding.

Karena itulah, kata Martino, Zafar lebih baik disikualifikasi sebelum pertandingan.

“Apa yang ia kenakan malah bisa membuatnya dalam bahaya besar, selain menghalangi gerakan, jelas kami (wasit dan juri) tidak bisa melihat manakala ada luka yang membahayakan saat ia bertanding. Jadi tidak mengijinkannya turun bertanding adalah yang terbaik,” pungkas Martino.

ows_144306299660219

Dengan keputusan ini Zafar jelas kecewa. Namun sebagai seorang muslimah, ia memang lebih baik dinyatakan diskualifikasi daripada terpaksa membuka aurat nya demi bisa turun bertanding.

“Saya jelas kecewa, namun inilah (syariat) yang harus saya jaga sebagai seorang muslimah yang hidup di negara seperti Amerika. Saya tak akan mau melepaskan pakaian muslim saya,” kata Zafar setelah diputuskan tak bisa lagi mengikuti kejuaraan tersebut.

Sementara, Aliyah Charbonier Lawan Amaiya Zafar saat ia didiskualifikasi di Kejuaran Nasional Kejuaran Nasional Tinju di Kissimmee, Florida, tak sudi menang sebelum bertarung.

“Ini tidak benar, ini mengganggu saya,” kata Aliyah Charbonier, setelah ia dinyatakan menang tanpa bertanding atas Zafar.

Charbonier marah kepada pihak penyelenggara  yang tidak mengizinkannya bertarung hanya karena Zafar mengenakan pakaian yang tertutup.

Padahal Charbonier sudah melihat kesiapan Zafar untuk berduel sampai salah satu kalah.

Seluruh peralatan pengaman dan sarung tinju pun juga sudah dipakai Zafar, sesaat sebelum kedua petinju naik di atas ring tanding.

“Saya merasa benar-benar buruk baginya. Mereka tidak memberi Zafar kesempatan untuk bertarung, ini bencana!” katanya lagi

 

Komentar

komentar