Chelsea dan Manchester city harus menerima sanksi yang dijatuhi oleh FA setelah pertandingan mereka yang dilaksanakan sudah 4 Desember 2016 kemarin. Asosiasi Sepak Bola Inggris atau FA itu akhirnya mengeluarkan keputusan untuk memberikan sanksi dan denda pada kedua tim tersebut.

Insiden berawal dari pelanggaran keras yang dilakukan Sergio Aguero kepada David Luiz. Tindakan itu membuat Aguero langsung diganjar kartu merah oleh wasit, dan mendapatkan sanksi larangan tampil sebanyak empat laga. Tak lama kemudian, Fernandinho turut diusir karena terlihat mendorong Cesc Fabregas hingga terjatuh ke papan iklan di sisi lapangan. Pertandingan yang dimenangkan oleh Chelsea itu ternyata membuahkan kontroversial ketika akhir pertandingan yang tidak bisa diatasi oleh siapapun.

Cesc Fabregas and Fernandinho

Sayangnya kejadian ini merupakan kejadian ke lima kali selama 19 bulan FA mengeluarkan peringatan dan sanksi untuk para klub sepakbola khususnya Chelsea.  Setelah terjadinya rapat penting dan berbagai keputusan. Insiden ini termasuk besar dimana staff dari masing-masing tim pun ikut mengompori dan memperkeruh suasana pertengkarang di lapangan tersebut. Denda yang dikenakan yakni Chelsea yang membayar denda 100.000 poundsterling atau sekitar 1,6 Milyar, sedangkan tim Pep harus membayar sebesar 35.000 poundsterling atau sekitar 500 juta lebih. Dengan sanksi ini diharapkan kedua tim bersikap dan bermain adil.

Kabar baiknya bagi Chelsea, FA tidak menjatuhkan hukuman berupa pengurangan atau penalti poin. Padahal, sebelumnya sempat kencang terdengar isu penalti poin mengingat Chelsea sudah sering mendapatkan peringatan FA. Pada Mei lalu, Chelsea mendapat peringatan dari FA terkait kemungkinan diterapkannya penalti poin.

Dua hari setelah pertandingan tersebut, FA lantas mengeluarkan hasil investigasi mereka yang memvonis salah kedua klub yang dianggap tidak bisa mengendalikan para pemainnya. City dan Chelsea punya waktu hingga hari ini untuk merespons dakwaan tersebut. Kemungkinan City dan Chelsea akan dikenakan denda dalam jumlah besar.
Sementara dari sisi pemain, Aguero mendapat skorsing 4 pertandingan serta Fernandinho 3 pertandingan.

Untuk Fabregas, FA tak menjatuhkan sanksi apapun meski dia terlibat keributan dengan Fernandinho. Sejak 7 Desember FA memang sudah memberikan sanksi namun belum dijelaskan apa hukuman yang harus diikuti. Namun kemarin FA sudah memutuskan untuk menjatuhkan hukuman demi redanya permasalahan keributan antara 2 tim tersebut.

Komentar

komentar