Zulham yang sering disebut ‘Ronaldo’ Indonesia ini menghebohkan para netizen dan penonoton final leg pertama Final piala AFF 2016 antara Indonesia dan Thailand. Pasalnya tendangan Zulham sempat membingungkan banyak pihak.

Zulham sempat membawa bola dan memakan umpan dari kawan Timnas lainnya. Sayangnya bola yang ia tendang harus mengenai tubuh lawan yang menggagalkan Zulham menggetarkan gawang Kawin, kiper Thailand. Tentunya jika berhasil akan menambah selebrasi Indonesia pada menit ke 69 itu. Namun usaha Zulham tidaklah gagal karena dengan kejadian tersebut wasit memutuskan untuk memberi tendangan pojok yang akhirnya dihasilkan oleh Rizky Pora dengan sundulan yang jauh namun mantap. Menit ke 69 pun resmi menjadi skor ke 2 bagi Indonesia yang meninggalkan Thailand dengan kemenangan hingga peluit akhir dibunyikan.

Keahliannya Zulham dalam menggiring bola dan penyelesaian akhir membuatnya menjadi andalan Alfred Riedl bagi timnas Indonesia di tahun 2014. Ia pun menjadi bagian dari timnas yang bermain di Piala AFF 2014 yang memberikan hasil tak menyenangkan bagi Indonesia. Meski begitu, ia tetap bermain apik dan mampu menyumbangkan dua gol di sepanjang turnamen.

Zulham mempunyai kemampuan menggiring bola yang di atas rata-rata, dan ia juga cukup cepat dalam menyisir sisi lapangan. Selain itu, penyelesaian akhirnya pun semakin baik, dan kini menjadi salah satu senjata utamanya. Hal inilah yang membuat Zulham disebut Ronaldo dari Indonesia. Karena perkembangan akal dalam bermain dan fisik yang baik.

Membicarakan soal gol, ia sendiri pernah menghasilkan gol fantastis  “Soal gol terbaik saya di timnas Indonesia? Sejauh ini gol tendangan bebas melawan Vietnam mungkin jadi gol terbaik saya untuk timnas,” ungkap Zulham singkat, pada Goal Indonesia. ketika itu pemain berusia 28 tahun ini melepaskan tendangan bebas dahsyat dari jarak 26 meter yang sukses menjebol gawang Vietnam. Gol tersebut menstimulasi Indonesia untuk mengakhiri laga imbang 2-2, setelah sebelumnya tertinggal 2-0.

Zulham Malik Zamrun lahir di Ternate, 19 Februari 1988, Diusianya yang sekarang  28 tahun ia termasuk  pemain sepak bola Indonesia yang gemilang dan berprestasi. Meski tidak muda Zulham menunjukan performanya di final dan laga Piala AFF tahun ini.

Berikut Videonya!

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar