Timnas Indonesia akhirnya kembali menjalani kompetisi resmi mereka setelah lama vakum. Piala AFF 2016 adalah kompetisi resmi pertama Indonesia di tingkat ASEAN. Baru pertama kali, namun Skuad Garuda mampu membuat pecinta sepak bola tanah air bangga.

Meski tidak mudah, namun perjalanan Timnas Indonesia nyatanya berhasil hingga ke final. Berkat kontribusinya di kompetisi resmi, Indonesia berhasil menaikan peringkat mereka di tingkat Asia. Sebelumnya, Indonesia berada di peringkat 22 Asia yang dilansir SuperBall.id dari laman resmi Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Selasa (11/10/2016).

Sudah sejak pertama kali piala AFF digelar Indonesia berpartisipasi, dulu piala ini dinamakan piala tiger. Namun Indonesia sama sekali belum mengecap nikmatnya kemenangan. Pada Piala AFF 2002 dan 2004, Indonesia maju ke final, tetapi takluk di kaki Thailand dan Singapura.

Enam tahun lalu, Indonesia kembali melaju ke partai final dan, celakanya, kembali gagal setelah kalah agregat 2-4 dari Malaysia – kalah 0-3 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, dan kalah 1-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kini, tim ‘Merah-Putih’ berhasil melaju ke partai final dan harapan pun ditumpahkan kepada Andi Vermansyah, walaupun timnas Thailand di atas kertas lebih dijagokan – dalam babak penyisihan Indonesia dikalahkan Thailand 2-4.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar