Manahati Lestusen dipilih 36 persen pembaca CNN Indonesia sebagai pemain terbaik di semifinal leg kedua Piala AFF 2016. Pemain PS TNI itu mengalahkan nama-nama seperti Kurnia Meiga (35 persen), Rizky Pora (19 persen) dan Fachrudin Aryanto (10 persen).

Total 583 pembaca mengikuti jajak pendapat yang dilakukan lewat media sosial Twitter CNN Indonesia selama empat jam.

Manahati sendiri memang punya peran krusial dalam laga tersebut. Jika di laga leg pertama ia dipilih menjadi bek tengah, Manahati diplot menjadi gelandang bertahan untuk menahan gempuran Vietnam dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh, Rabu (7/12).

Nyatanya Manahati tak hanya dipilih oleh para pembaca media CNN saja tetapi oleh piala AFF.

Manahati mulai dipercaya Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl untuk menjadi bek di laga semifinal kontra Vietnam. Saat itu ia berduet bersama Hansamu Yama Pranata di jantung pertahanan skuad Garuda. Sejak saat itu pemain berusia 22 tahun ini tak tergantikan di skuad Alfred Riedl.

Bahkan sosoknya mampu menggeser posisi dari gelandang masa depan Timnas Indonesia Evan Dimas.Manahati pun mampu menjadi sosok penentu kala sepakan penaltinya membuat Timnas Indonesia memaksakan hasil imbang 2-2 saat menghadapi Vietnam.

Manahati Lestusen (lahir di Liang, Ambon, Maluku, 17 Desember 1993 umur 22 tahun) adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain untuk Persebaya Surabaya dan biasanya bermain di posisi pemain belakang. Ia sebelumnya adalah kapten tim nasional sepak bola Indonesia U-19.

Klub yang pernah diikuti

  • November 2015-kini : PS TNI
  • April 2013-Januari 2015 : Persebaya Surabaya
  • Januari 2013-April 2013 : CS Visé
  • Januari 2012-Desember 2012 : Penarol -Uruguay
  • 2010-2011 : Indonésia Futbol Sociedad Anonima Deportivo (SAD) – Uruguay

Prestasi antara lain :

  • Medali Perak Islamic Solidarity Games (1):2013
  • Medali Perak SEA Games (1): 2013
  • Piala Aff 2016

Selain itu, Manahati Lestusen menerima ucapan selamat ulang tahun ke-23 dari para pengguna media sosial yang biasa dikenal dengan sebutan netizen. Hingga pukul 10.00 WIB, nama pemain tengah timnas Indonesia itu pun mampu masuk dalam jajaran trending topic kelima.

Secercah harapan dan dukungan mengalir deras buat Manahati Lestusen yang bersiap melakoni laga leg kedua final Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) malam. Akun milik I D P (‏@iinDP_) misalnya, dia menulis agar di hari ulang tahunnya tersebut ia bisa membawa pulang trofi juara yang sejak lama tak pernah mampir ke Indonesia.”Selamat ulang tahun Manahati Lestusen. Doa terbaik untukmu, bawa pulang piala AFF Suzuki Cup 2016 ke Indonesia ya @manahati25,” tulisnya.

Komentar

komentar