Kehebatan tim garuda diakui banyak pihak meskipun mengalami kekalahan.  Kontrak Kiatisuk akan berakhir pada Februari 2017. Hingga saat ini ia belum mendapat kejelasan dari FAT mengenai masa depannya. Namun dengan keberhasilan menjadi juara AFF Suzukui Cup 2016, peluang Kiatisuk bertahan di Thailand menjadi besar.

“Terima kasih kepada fans Indonesia. Banyak yang meminta saya melatih Indonesia. Tapi saat ini saya masih ingin bersama tim nasional Thailand. Kami masih ada pertandingan kualifikasi Piala Dunia [2018 zona Asia],” ujar Kiatisuk.

“Mungkin [bisa saja] suatu saat nanti, jika saya sudah tidak dipercaya lagi [menangani timnas Thailand]. Ini sudah menjadi bagian dari kehidupan pelatih profesional.”

“Tim ini telah membuktikan hasil [juara]. Kontrak saya berakhir Februari tahun depan. Saya akan berbicara dengan asosiasi apakah akan diperpanjang atau tidak. Jika tidak, tak masalah, karena ini sudah risiko.”

Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang menegaskan dominasi Thailand di kawasan Asia Tenggara dengan kembali meraih gelar Piala AFF. Sudah bergelimang gelar bersama Tim Gajah Perang, ia menanggapi kemungkinan melatih Timnas Indonesia di masa depan.

Total Kiatisuk sudah mengoleksi dua gelar Piala AFF sebagai pelatih. Ia tidak menutup kemungkinan melatih Tim Merah-Putih, tapi tidak dalam waktu dekat karena ia ingin mendedikasikan diri untuk sepak bola Thailand terlebih dahulu.

“Terima kasih untuk seluruh suporter Timnas Indonesia tapi untuk saat ini saya ingin mendedikasikan diri untuk membawa Thailand ke Piala Dunia,” ujar Kiatisuk dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

“Tapi tentu kita tidak pernah tahu apa yang terjadi masa depan,” lanjut pria yang memiliki panggilan Zico tersebut.

Kontrak Kiatisuk sendiri bersama Timnas Thailand akan habis pada bulan depan. Ia menyerahkan kepada Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengambil keputusan.

“Keputusan tentang masa depan saya ada di FAT, mungkin akan kita bicarakan itu nanti,” lanjutnya. Tanggapan masyarakat Indonesia sendiri masih misteri terkait kemungkinan terjadinya perubahan pelatih, namun Riedl masih menawarkan ingin melatih tim Indonesia lebih baik lagi untuk ajang selanjutnya.

Komentar

komentar