Via Superball.id
Via Superball.id

STRIKER.ID – Kejuaraan sepak bola antar negara tertua di dunia, Copa America menjadi salah satu turnamen paling bergengsi di dunia selain Piala Dunia dan Piala UEFA. Dilangsungkan pertama kali pada tahun 1930, Copa America telah melahirkan negara-negara raksasa Amerika Latin yang kerap menjadi pesaing utama dalam perebutan gelar piala dunia.

Setiap perhelatannya Copa America kerap mengundang negara-negara dari konfederasi lain untuk turut berpartisipasi. Bahkan saat edisi terakhir (edisi 2016) turnamen ini diselenggarakan di Amerika Serikat yang didaulat sebagai edisi istimewa memperingati ulang tahun ke-100 Copa America. Negara dari konfederasi CONCACAF juga turut berpartisipasi.

Kini CONMEBOL berencana menghadirkan kejutan lain dalam menyambut Copa America 2019. Setidaknya ada empat raksasa eropa yang akan turut diundang untuk menantang para kesebelasan tangguh Amerika Latin. Portugal, Italia, Spanyol dan Prancis adalah Negara-negara yang akan ambil bagian sebagaimana diberitakan bola.com, Minggu (2/4/2017).

Rencananya CONMEBOL akan memperbanyak jumlah kontestan dari awalnya 12 menjadi 16 tim. Panitia kabarnya akan menggelar pertemuan untuk membahas system yang bakal diterapkan. Namun beberapa media juga meyakini Copa Amerika 2017 nanti akan diikuti 10 tim dari zona Conmebol, serta Negara-negara seperti Amerika Serikat, Meksiko dan Jepang yang akan berstatus sebagai tim undangan dari luar zona CONMEBOL.

Keputusan ini bisa saja terwujud mengingat selama ini CONMEBOL memang dikenal kerap mengundang Negara dari konfederasi lain untuk turut berpartisipasi.

Selama satu abad lebih berlangsungnya Copa Amerika, Uruguay tercatat sebabai pengoleksi gelar terbanyak, yakni berjumlah 15 gelar. Disusul Argentina dengan 14 Gelar, Brazil delapan gelar, Peru, Paraguay dan Chili masing-masing dengan dua gelar, serta Bolivia dan Kolombia yang sama-sama masih mengoleksi satu gelar

Komentar

komentar