Kehadiran Lionel Messi dinanti Wartawan

Babak baru kasus penggelapan pajak yang diduga melibatkan mega bintang Lionel Messi dan ayahnya kini sudah memasuki tahap persidangan. Penyerang Barcelona ini hadir bersama ayahnya Jorge Horacio pada hari Kamis (2/6/2016).

Seperti diketahui bahwa Messi dituduh tidak membayarkan pajaknya sejak 2007-2009. Bersama ayahnya, pemain sepak bola berusia 27 tahun ini dituduh menyembunyikan pendapatan dan menggelapkan pajak sebesar 4,1 juta euro seperti dilansir bbc.com.

Tampil dengan mengenakan setelan jas dan dasi, Messi tampak tenang duduk di samping ayahnya dalam persidangan. Sidang pada hari Kamis (2/6/2016) merupakan sidang hari ketiga bagi Messi dengan agenda menjawab pertanyaan yang diajukan oleh hakim di Pengadilan Barcelona.

Messi dibombardir dengan 10 pertanyaan seputar penggelapan pajak yang menyeret namanya dan ayahnya. Seperti dilansir sindonews.com, Messi mengaku lupa dan tidak tahu menahu tentang apapun.

“Sejujurnya saya tidak tahu. Seperti dijelaskan sebelumnya, saya mempercayai ayah saya dan pengacara saya.”

Messi mengaku hanya berkonsentrasi dalam bermain bola.

“Saya tidak berpikir saya akan menipu atau mereka akan menipu saya. Saya sama sekali tidak punya petunjuk soal itu, karena saya biasa bermain sepak bola.”ujarnya seperti dilansir sindonews.com

Selama persidangan berlangsung, Messi dikait-kaitkan dengan perusahaan asal Uruguay yang bernama Jenbril . Perusahaan inilah yang mengurusi segala macam bentuk pembayaran yang berkaitan dengan hak citranya seperti dilansir detik.com

Diberondong dengan berbagai macam pertanyaan selama kurang lebih lima belas menit, Messi tetap membantah tuduhan-tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

“Yang saya tahu saat itu adalah saya meneken kesepakatan dengan sponsor untuk melakukan iklan, pemotretan, dan hal-hal seperti itu. Saya ingat kami pergi ke notaris, tapi saat itu saya baru 18 tahun ketika menekennya.”ujar penyerang Barcelona ini seperti dilansir detik.com

Spanyol adalah satu negara yang tegas dalam menerapkan hukuman bagi para penggelap pajak. Hingga berita ini diturunkan, pihak yang berwajib telah menetapkan King Leo sebagai tersangka.

Pihak jaksa menuntut hukuman penjara 22 bulan 15 hari atas tuduhan penggelapan pajak. Pihak yang berwenang sebenarnya telah lama mengendus kejanggalan yang terjadi dalam kondisi keuangan Lionel Messi.

Sejak tahun 2011, rekening Messi telah diawasi oleh pajak. Hingga akhirnya badan pajak melakukan 21 inspeksi sampai gugatan yang dilakukan pada tahun 2013 seperti dikutip sindonews.com.

Hingga kini, bukti-bukti yang sedang dipertimbangkan oleh pihak pengadilan adalah bukti pendapatan yang berkaitan dengan hak citra Messi. Kontrak-kontrak tersebut diantaranya kontrak dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Coca Cola, Pepsi, P & G (Protect and Gamble), dan Kuwait Food Company seperti dikutip bbc.com

Komentar

komentar