timnas-tim-nasional-malaysia-640x421

Timnas Malaysia punya rencana untuk memboikot laga sisa di Piala AFF 2016 sebagai protes kekerasan terhadap musim di Rohingya. Hal ini dilontarkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Malaysia, Khairy Jamaluddin.

Seperti diketahui, saat ini Malaysia tengah berlaga di Grup B yang mana tuan rumahnya adalah Myanmar.  Pemerintah Myanmar sendiri sekarang tengah disorot karena adanya kekerasan terhadap umat muslim minoritas Rohingya.

Atas dasar hal itu, Harimau Malaysia (julukan Timnas Malaysia), siap memboikot laga sisa di Myanmar sebagai bentuk protes sebagai rasa solidaritas sesame umat muslim. Hal ini dilontarkan oleh Khairy usai menjalani rapat kabinet dengan pemerintah Malaysia.

“Saya mengangkat masalah ini di dalam rapat kabinet. Kami berencana akan merayu timnas memboikot sebagai bentuk protes kepada Myanmar terhadap kekerasan di Myanmar terhadap umat muslim,” kata Khairy dikutip The Malay Mail Online via JPNN.

Pendapat tak jauh berbeda juga datang dari ulama Perlis, Datuk Dr Mohd Asri Zainul Abidin. Dia mendukung  pemerintah untuk lakukan protes terhadap Myanmar melalui timnas yang kini berlaga di Piala AFF.

“Apa artinya olahraga tanpa kemanusiaan? Apa yang terjadi di Rohingya adalah salah satu hal yang tak beradab, mereka adalah manusia dan muslim artinya saudara kita semua,” papar Zainul.

Pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, akhirnya turut angkat suara soal rencana boikot Piala AFF 2016 demi muslim rohingya.

Meski buka suara, namun dia belum mau komentar banyak dan semuanya tergantung Kerajaan Malaysia.

“Saya tidak mau komentar soal tersebut karena tidak bersinggungan dengan sepak bola. Bagi saya, sepak bola adalah sepak bola,” kata Ong Kim Swee dikutip Utusan.

pelatih-timnas-malaysia-ong-kim-swee-%e2%80%8finfotimnas-644x355

Sampai saat ini, masih belum jelas nasib Malaysia. Bahkan yang terbaru, mereka terancam sanksi kalau sampai mundur di Piala AFF 2016.

Sementara Federasi Sepak bola ASEAN (AFF) merespon keras keinginan Malaysia untuk mundur dari gelaran Piala AFF 2016.

Sekertaris Jenderal AFF Datuk Seri Azzuddin Ahmad mewanti-wanti Malaysia untuk berpikir dua kali terkait efek yang ditimbulkan dari keputusan itu.

Datuk Seri Azzuddin Ahmad pun menyebut jika masih ada cara lain bagi Malaysia untuk menunjukkan protesnya.

“Saya sedikit kecewa dengan pernyataan Menteri Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin terkait kemungkinan Malaysiamundur dari Piala AFF 2016,” ujar Datuk Seri Azzuddin Ahmad, seperti diberitakan oleh FourFourTwo.

Kekerasan terhadap muslim Rohingya belakangan memang ramai dibicarakan. Sedikitnya ada 26 tewas dan sebanyak 1,1 juta muslim di sana didiskriminasi.

Sedangkan dari kubu Timnas Indonesia, sebagai negara muslim terbesar di dunia, belum menunjukkan sikap atas apa yang terjadi terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

 

 

 

Komentar

komentar