timnas-indonesia-aff-2010

Thailand merupakan tim yang kuat dan hebat. Permainan yang begitu menarik dijalankan oleh bintang lapangan hijau dari negara gajah ini. Banyak yang menjagokan Thailang ketika mereka seringkali masuk ke babak final, salah satunya pada piala AFF.

Namun hal dramatis sempat terjadi, dimana Indonesia pernah bertemu Thailand di final yakni pada piala AFF tahun 2010 lalu. Kilas balik 2010 lalu, waktu dimana Indonesia dan Thailand pernah bertemu. Hebatnya Timnas yang masih digawangi oleh Bambang Pamungkas dan M.Ridwan kala itu melibar Thailand dengan skor tipis dan membawa Indonesia pada kejayaan piala AFF 2010 dan menjadi juara kedua dengan juara pertama yakni negara tetangga, Malaysia. Berbagai hal mencengangkan hadir di piala AFF 2010, seperti pemain terbaik yang jatuh pada Firman Utina, pencetak gol terbanyak setelah Mohd. Sali yakni Gonzales dan M. Ridwan, serta bertemunya Indonesia dengan Thailand sejak awal babak penyisihan yang dimenangkan Indonesia.

Teranyar, Indonesia mampu membungkam Thailand pada penyisihan grup AFF 2010. Dwigol Bambang Pamungkas cukup membuat Thailand merana di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Sayang, pada akhir turnamen Indonesia menyerah dari Malaysia pada partai final. Indonesia akan bersua Thailand pada laga perdana Grup A Piala AFF 2016, Sabtu 19 November. Tercatat, kedua tim sudah bertemu delapan kali sepanjang perhelatan Piala AFF.

Dalam rekam jejak pertemuan Indonesia kontra Thailand, sejarah tidak pernah ramah pada tim Merah Putih. Di ajang Piala AFF, Indonesia hanya sekali menang atas Thailand. Saat itu, Merah Putih menang dalam adu penalti perebutan tempat ketiga pada 1998. Sayangnya sejarah lebih memihak Thailand, dilihat dari kemenangan dan balasan Thailand yang dapat mengalahkan Indonesia di piala AFF selanjutnya. Namun selepas tahun itu, Indonesia tak berkutik jika bersua Thailand. Pertemuan terakhir di Piala AFF tercatat di semifinal 2008. Tim Merah Putih kalah dengan agregat 3-1. Di leg 1, Indonesia kalah 0-1 dan di leg 2 kembali kalah 1-2. Rekor head to head Indonesia vs Thailand 1-3 jika hasil adu penalti diikutsertakan. Dengan kata lain, dari tiga pertemuan, Indonesia tak pernah menang atas Thailand dalam waktu normal 90 menit.

Itu semua akhirnya berubah di tahun 2010 ini. Tim Merah Putih tidak lagi berisi pemain yang itu-itu saja. Namun sudah melakukan face lift -pengangkatan wajah- dengan menggunakan jasa pelatih asing asal Austria Alfred Riedl dan suntikan pemain-pemain muda. Sekarang ini Indonesia kembali ditakdirkan untuk bertemu tim Kiatisuk dan mengadu generasi baru, akankah Indonesia menang besok ?

Komentar

komentar