Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016. Kini, kedua tim secara mengejutkan bertemu lagi di laga puncak, final. Thailand datang sebagai favorit, mengingat statusnya sebagai juara bertahan Piala AFF. Sementara Indonesia sendiri tergolong tidak diduga bisa tampil sampai ke partai puncak.

“Ketika kalah dari Thailand, kami punya masalah fisik, dan karena itu pertandingan pertama,” ujar Riedl dalam konferensi persprematch final Piala AFF 2016 di Hotel Aston Lake, Sentul, Bogor, Selasa (13/12/2016).

“Kami menempatkan tekanan terlalu besar dalam diri kami. Kami kalah dalam pertandingan itu, tapi kami mengetahui masalahnya,” beber pelatih asal Austria ini.

Pertandingan pertama final Piala AFF 2016 sendiri berlangsung pada 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong. Sementara laga kedua digelar pada 17 Desember 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

“Jadi, dengan kami mengetahui masalahnya, itu memberikan kami kepercayaan diri dan tampil lebih baik untuk pertandingan,” kata pelatih berusia 67 tahun.

Namun nyatanya Thailand berhasil meraih kemenangan. Pasalnya jika negara Thailand kalah maka akan menelan malu yang besar, dimana Thailand akan maju ke piala dunia dan melatih bibitnya untuk melawan tim besar dunia.  Pelatih Timnas Thailand Kiatisuk Senamuang melancarkan psywar dalam sesi konferensi pers jelang digelarnya pertandingan final leg kedua Piala AFF 2016. Pelatih yang dijuluki sebagai Zico itu menyebut Piala AFF bukanlah ajang yang dianggapnya penting saat ini.

“Pertandingan ini bukan yang terpenting buat saya saat ini,” ungkap Zico, sebagaimana dikutip SuperBall.id dari FourFourTwo Thailand, Sabtu (17/12/2016).

“Saya hanya anggap pertandingan ini sebagai stimulus buat para pemain yang juga sedang berjuang di kualifikasi Piala Dunia (zona Asia),” tambahnya.

Thailand memang saat ini sedang berjuang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018. Namun saat ini mereka terancam gagal lolos karena hanya menjadi juru kunci Grup B babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan satu poin dari lima pertandingan. Jika lolos maka Thailand merupakan negara yang berhasil masuk ke piala dunia semenjak tahun 2000an dan bisa membanggakan ASEAN.

Komentar

komentar