3 Cara Setting DNS di Android. Panduan Lengkap dengan Alamat Link yang Benar

DNS (Domain Name System) merupakan salah satu komponen penting dalam pengaturan koneksi internet. Dengan mengonfigurasi DNS yang tepat, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet di perangkat Android Anda. Dirangkum dari Akuratnews.com kami akan memberikan panduan lengkap tentang 3 cara setting DNS di Android beserta alamat link yang benar.

  1. Menggunakan Pengaturan Bawaan Android Cara pertama untuk mengatur DNS di perangkat Android Anda adalah melalui pengaturan bawaan sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:a. Buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda. b. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Wi-Fi” atau “Koneksi Jaringan”. c. Pilih jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan dengan mengetuk nama jaringan tersebut. d. Di halaman pengaturan jaringan Wi-Fi, cari opsi “Ubah jaringan” atau “Pengaturan lanjutan”. e. Temukan opsi “IP” atau “DHCP” dan ubah pengaturannya menjadi “Statis”. f. Setelah itu, Anda akan melihat opsi “DNS 1” dan “DNS 2”. Ketikkan alamat DNS yang ingin Anda gunakan di sini. Sebagai contoh, Google DNS memiliki alamat 8.8.8.8 untuk DNS 1 dan 8.8.4.4 untuk DNS 2. g. Setelah selesai, tekan tombol “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyimpan pengaturan DNS baru.
  2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Selain pengaturan bawaan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur DNS di perangkat Android. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah DNS Changer, 1.1.1.1, atau DNS Override. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi DNS Changer sebagai contoh:a. Unduh dan instal aplikasi DNS Changer dari Play Store. b. Buka aplikasi DNS Changer setelah instalasi selesai. c. Pilih opsi “DNS Custom” atau “Custom DNS” di menu utama aplikasi. d. Ketikkan alamat DNS yang ingin Anda gunakan di bidang yang tersedia. e. Aktifkan opsi “Aktifkan DNS” atau “Enable DNS” untuk mengaktifkan pengaturan DNS baru. f. Tekan tombol “Terapkan” atau “Apply” untuk menyimpan pengaturan.
  3. Menggunakan Konfigurasi VPN Cara ketiga adalah dengan menggunakan konfigurasi VPN. Beberapa penyedia VPN menawarkan opsi untuk mengatur DNS melalui koneksi VPN mereka. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan konfigurasi VPN dengan alamat DNS yang benar:a. Unduh dan instal aplikasi VPN yang Anda pilih dari Play Store. b. Buka aplikasi VPN setelah instalasi selesai. c. Masuk ke akun VPN Anda (jika diperlukan) dan pilih server yang ingin Anda gunakan. d. Di pengaturan server atau opsi tambahan, temukan opsi “DNS” atau “VPN”.
Baca Juga :  Link Download X8 Speeder Higgs Domino Apk Tanpa Iklan 2022