482017030420412513

STRIKER.ID Konfeserasi Sepakbola Asia (AFC) memberikan jatah sebanyak tiga klub Indonesia untuk berkompetisi di turnamen AFC tahun 2018 mendatang. Tentunya ini menjadi peluang tersendiri bagi sepakbola Tanah Air untuk lebih eksis dikanca sepakbola ASIA.

Namun untuk bisa tampil di turnamen tersebut, klub-klub Indonesia harus memenuhi 49 kriteria AFC Club Licensing. Hal itu diungkapkan Sekeretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington pasca disambangi tim AFC di Ade di Kantor PSSI, Jakarta, Sabtu (4/3) lalu.

“Ada 49 item untuk menyelesaikan Club Licensing. Ini memutuskan apakah klub bisa lanjut ke AFC Cup atau Liga Champions Asia. Hanya yang punya klub licensing AFC yang bisa tampil di sana,” ujar Ade, dilansir dari Bolalob.com

Ade juga menjelaskan bahwa AFC memberikan waktu kepada klub-klub Indonesia untuk mendapatkan lisensi resmi AFC mulai dari 1 April hingga 31 Oktober 2017. Sejauh ini, baru ada tiga klub Indonesia yang sudah berlisensi AFC, yakni Arema FC, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura. Namun, ketiga klub tersebut belum tentu menjadi wakil Indonesia di turnamen tersebut.

“Ini bukan beban buat klub, tapi kami ingin membuat mereka lebih profesional,” ucap Ade.

Regulasi AFC bersifat wajib, bisa dimungkinkan nantinya PSSI bakal mengalihkan jatah klub yang mewakili Indonesia tersebut kepada klub lain jika perinkat tiga teratas klasemen akhir Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 ternyata belum juga memenuhi lisensi klub itu.

 

 

Komentar

komentar