gelandang_terbaik_indonesia (1)

STRIKER.ID Indonesia memang memiliki banyak pemain berposisi gelandang hebat yang pernah menjadi andalan Timnas Indonesia sejak era 1950 an. Kala itu tim Merah Putih yang mulai menunjukkan taringnya di level Asia dan Dunia, hingga tak bisa tampil di pertandingan internasional, tercatat memiliki beberapa pemain gelandang hebat.

Dan berikut ini adalah beberapa pemain berposisi gelandang yang berkontribusi apik saat membela Timnas Indonesia :

Firman Utina

aff-2010-firman-utina-indonesia_1g5gn3m9ypvha1jomxx9vo12n3

Firman Utina mengawali karir sepakbola profesionalnya dari klub Indonesia Muda sebelum pindah ke Bina Taruna. Kemudian karirnya berlanjut Persma Junior (tim semi-profesional asal Manado) yang dilatih Bendol pada 1999. Di klub tersebut pemain yang kini berusia 36 tahun itu di juluki “si anak emas” karena mengikuti Bendol hingga ke Persita Tangerang dan Arema Malang.

Kiprahnya pun berlanjut, secara perlahan Firman mampu mengukir namanya sebagai salah satu gelandang kreatif terbaik Indonesia bersama klub-klub yang pernah dibelanya, termasuk Persib Bandung dan Sriwijaya FC.

Keterampilannya dilapangan hijau tak luput dari visi yang baik dalam mengalirkan bola dan mengkreasikan serangan, dan tak hanya memiliki presisi operan yang baik, Firman juga punya tendangan jarak jauh yang baik dan bisa jadi solusi pencetak gol dari lini kedua.

Puncaknya di Piala AFF 2010, Firman yang ditunjuk menjadi kapten timnas Indonesia oleh Alfred Riedl, terpilih jadi pemain terbaik turnamen antar-klub Asia Tenggara tersebut, meski Indonesia harus [uas jadi runner-up dan kalah oleh Malaysia kala itu.

Kini Firmas masih aktif dilapangan hijau dengan membela klub Bhayangkara FC di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1.

Prev1 dari 7
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar