STRIKER.ID – Dalam laga penentuan Grup B SEA Games 2017 antara Indonesia kontra Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8). Skuad Garuda berhasil mengamankan poin penuh dengan skor 2-0 atas Kamboja.

Kemenangan ini membuat Indonesia lolos kefase semifinal dengan menempati posisi runnuer-up. Sejatinya Indonesia harus menang minimal 4-0 jika ingin menjadi jawara grup. Lolosnya Indonesia ini tak lepas dari hasil Thailand yang berhasil menumbangkan Vietnam dengan skor 3-0.

Pada babak pertama, skuad Garuda langsung tampil agresif menekan Kamboja. Namun ketatnya lini pertahanan Kamboja membuat Indonesia kesulitan untuk melesakkan tendangan.

Terkuak, Ternyata Andalan Timnas Malaysia Ini Adalah Putra Asli Indonesia

Peluang pertama Indonesia tercipta di menit ke-6 melalui umpan silang dari Gavin, yang berhasil disundul Septian namun masih lemah. Bola dengan mudah ditangkap kiper Kamboja. Dimenit ke-25 saat Evan Dimas memberikan umpan terhadap Saddil ramdhani dan mencoba melakukan long shoot, namun masih melebar ke sisi kiri gawang. Selang dua menit peluang kembali didapatkan Evan Dimas yang melakukan tendangan jauh, namun masih jauh di atas mistar gawang Keo Soksela.

30 menit berjalan Kamboja mulai mencoba bangkit dengan membangun serangan dan menghasilkan peluang tendangan bebas ke arah gawang Kartika Aji. Namun masih bisa diamankan. Selang beberapa menit kamboja kembali menekan dan lagi-lagi berbuah tendangan bebas, beruntung masih bisa diamankan.

Mendekati menit-menit akhir babak pertama Indonesia kembali menguasai pertandingan. Evan Dimas kembali mendapatkan peluang Long shoot, tapi masih jauh dari mistar.

Sebelum berakhir babak perrama, Kamboja harus bermain dengan 10 pemain pasca Choum Pisa menahan leher Ricky Fajrin saat melakukan serangan diareal gawang Kamboja. Choum Pisa pun langsung mendapatkan kertu kuning kedua di menit tambahan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Pelatih Timnas Indonesia merubah skema permainan dengan memasukkan Febri Haryadi yang menggantikan Osvaldo Haay. Febri pun langsung bergerak cepat dan mampu memberikan umpan crossing namun masih bisa dipatahkan oleh Soksela.

Indonesia kembali bermain menekan, Febri haryadi yang mendapatkan umpan dari Gavin Kwan masih jauh dari gawang Kamboja di menit ke-52.

Bikin Ngakak, Coba Simak Bagaimana Pemain Vietnam Ini Menyebut Nama Para Punggawa Timnas Kita

Selang satu menit, Ezra walian masuk menggantikan Ricky Fajrin. Ezra walian pun langsung murka dengan mencetak gol pertama untuk Indonesia di menit ke 56 setelah terjadi kemelut didepan gawang Kamboja.

Unggul 1-0 Indonesia terus menggencarkan serangan , lagi-lagi permainan dikendalikan skuad Garuda. Saddil yang mendapatkan peluang mencoba lesakkan tendangan jarak jauh di namun masih melebar ke sisi kiri gawang Kamboja.

Pada menit ke-68 Febri yang mendapatkan peluang emas melesakkan gol sepektakulernya ke gawang Soksela berhasil merubah skor Indonesia menjadi 2-0.

Pada menit ke-71 Indonesia kembali medapatkan peluang berkat serangan balik, Namun Marinus yang berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Kamboja tak berhasil melesakkan tendangan. Pada Menit ke 80 Saddil mencoba melesakkan tendangan, namun masih jauh dari mistar gawang.

Memasuki menit ke-82 Luis Milla memasukkan Ryuji Utomo menggantikan Septian David Maulana. Indonesia pun bermain semakin menekan Kamboja.

Peluang terakhir Timnas Indonesia didapatkan di menit tambahan babak kedua saat Marinus melesakkan tendangan bebas namun melebar keatas mistar gawang Kamboja.

Berikut susunan pemain timnas Indonesia vs Kamboja:

Timnas U-22 (4-2-3-1): Kartika Ajie, Ricky Fajrin, Hansamu Yama, Andy Setyo, Gavin Kwan, Hargianto, Evan Dimas, Septian David, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar

Pelatih: Luis Milla

Kamboja (4-5-1): Keo Soksela, Soeuy Visal, Choum Pisa, Chheng Meng, Nub Tola, Brak Thiva, Hoy Phallin, Choun Chanchav, Kunthea Ravan, Son Vandeth, Noun Borey.

Pelatih: Vasconcellos Andrade

Komentar

komentar