STRIKER.ID – Persipura Jayapura keluhkan tak adanya hadiah uang tunai bagi juara Liga 1 Indonesia musim 2016/2017. Perlu diketahui pada kompetisi kali ini PSSI sudah mengumumkan tidak ada hadiah uang tunai bagi juara Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia. Sebagai gantinya ada subsidi awal dari PSSI ditambah  share rating televisi yang bakal diterima. Walaupun tanpa hadiah uang tunai, PSSI mentaksir kampiun Liga 1 bakal menerima sekitar  17 Miliar rupiah.

Meskipun begitu Persipura menilai hadiah dan share rating televisi adalah dua hal yang berbeda. Aplagai Persipura juga sering dirugikan karena pertandingan kandang mereka jarang disiarkan secara live di televsisi. Alhasil bisa saja Persipura mampu menjadi juara Liga 1 musim ini namun tak menjadi yang terbaik dalam share tv. Bukan tidak mungkin nantinya klub-klub dengan hak siar banyak seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, atau Arema bakal punya reward yang lebih tinggi ketimbang Persipura sehingga mengakibatkan kecemburuan.

Baca Juga : Juara Liga 1 Indonesia Tak Akan Mendapat Hadiah Uang, Piala Doang?

Disisi lain Persipura memang layak berkomentar demikian, pasalnya mereka menjadi salah satu kandidat juara musim ini. Hingga saat ini Persipura bertenger diposisi kedua dengan perolehan 38 poin, sama dengan pemuncak klasemen,  PSM Makassar. Persipura lebih dijagokan karena unggul 1 pertandingan lagi.

Dilaporkan dari Bola.net, media Officer Persipura, Ridwan Bento Madubun menyayangkan hal tersebut.

“Kita juga sayangkan tidak adanya hadiah di akhir musim. Katanya, hadiah dari share tv atau rating,” ujarnya.

Dia mengatakan share seharusnya adalah hak setiap klub, dan etis rasanya hak tersebut dijadikan sebuah reward sebuah kompetisi. Selain itu menurutnya dengan sistem seperti ini nantinya bakal menghilangkan maka gelar juara itu sendiri.

“Jadi, siapapun juara kompetisi ini, yang dapat uang banyak adalah yang ratingnya tertinggi. Walaupun pemilik rating tertinggi itu tidak juara, mereka yang akan dapat uang paling banyak,” kata Bento.

Meskipun tak setuju dengan sistem baru ini, Bento sadar dirinya tak bisa berbuat banyak. Karenanya mereka akan tetap legawa dan mengikuti sistem yang berlaku.

“Kalau sudah diputuskan seperti ini, kita mau apa lagi,” tutupnya.

Baca Juga : Geger! Karena Surat Arema Ini, Persib dan Penyerang Barunya Terancam Hukuman Dari PSSI

Komentar

komentar