STRIKER.ID Timnas Indonesia U-19 telah gagal merebut tiket ke babak final Piala AFF U-18 pasca dikalahkan Thailand pada fase semifinal lewat drama adu penalti dengan skor 2-3 (0-0) di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (15/9/2017).

Gagal Melaju ke Final, Instagram Saddil Malah Dibeginikan Warganet

Buntut dari kegagalan tersebut spontan tertuju kepada Saddil Ramdani yang diusir dari lapangan beberapa detik saja setelah masuk menggantikan Feby Eka Putra yang sudah mulai kehilangan konsentrasi. Bahkan beberapa pendukung Timnas beranggapan bahwa tim Garuda sebenarnya bisa melaju kebabak final jika saja Saddil tak melakukan tindakan tak terpuji dengan menyikut pemain Thailand yang berujung kartu merah tersebut. Netizen yang kecewa pun juga sempat beramai-ramai menyerbu akun Instagram Saddil dengan komentar bernada cibiran.

Meski begitu, juga masih banyak yang bersikap bijak dengan memberikan motivasi terhadap penggawa Persela Lamongan itu. Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals yang memberikan penilaian bahwa aksi Saddil harusnya hanya diganjar kartu kuning karena pemain Thailand yang bertindak sebagai pemicu keributan dengan menanduk punggung Saddil lebih dulu.

“Rupanya Saddil didengkul dulu ya. Wah wasitnya buta. Masak kartu merah, tau gitu injek sekalian udah engak usah sedih, kita dicurangi,” tulis Iwan Fals dalam Twitter pribadinya.

Disisi lain, Iwan juga menginginkan para pemain Indonesia bisa belajar banyak dari kejadian tersebut. Menurutnya, andai dicolek, Indonesia harusnya yang bisa provokasi agar wasit menghukum lawan.

“Ya kayaknya Garuda Muda kita harus belajar refleks, kalau dicolek guling-guling sambil meraung-raung, bukan nyikut. Karena ini main bola bukan main silat ya lurr,” tandas iwan.

Penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals ikut mengomentari kartu merah Saddil Ramdani saat jumpa Thailand di semifinal. Menurutnya, wasit harusnya melihat dahulu awal kejadiannya. Sejatinya Saddil diharapkan bisa menjadi pahlawan dalam laga itu ketika dimasukkan menit 45+2. Namun belum genap semenit di lapangan dia harus diusir wasit. Penyebabnya adalah aksi sikut Saddil ke dada pemain Thailand. Saddil melakukan tindakan kurang terpuji itu setelah punggungnya terkena lutut lawan. "Rupanya Saddil didengkul dulu ya. Wah wasitnya buta. Masak kartu merah, tau gitu injek sekalian udah engak usah sedih, kita dicurangi," tulis Iwan Fals dalam Twitter pribadinya. Akan tetapi, pelantun lagu Galang Rambu Anarki itu ingin pemain Indonesia belajar banyak dari kejadian tersebut. Menurutnya, andai dicolek, Indonesia harusnya yang bisa provokasi agar wasit menghukum lawan. "Ya kayaknya Garuda Muda kita harus belajar refleks, kalau dicolek guling-guling sambil meraung-raung, bukan nyikut. Karena ini main bola bukan main silat ya lurr," tandas iwan (jawapos) #iwanfals #infobolaindo #timnasindonesiau19

A post shared by info sepakbola indonesia ⚽ (@infobolaindo_) on

Begini Reaksi Sang Kekasih Setelah Saddil Panen Komentar Pedas

Sementara itu, gagal meraih gelar jawara di Piala AFF U-18 menjadi kegagalan ketiga bagi skuad Garuda pada tahun ini di ajang Internasional setelah Kualifikasi Piala Asia 2018 dan SEA Games 2017.

Komentar

komentar