STRIKER.ID – Meski berhasil merengkuh kemenangan 3-1 dalam laga uji coba internasional kontra Kamboja di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017) malam. Permainan penggawa Timnas Indonesia masih banyak menuai kritikan, salah satunya dari mantan asiten pelatih Persipura, Tony Ho.

Dua Rekor Baru Yang Berhasil Di Catatkan Timnas Indonesia Dalam Laga Uji Coba Kontra Kamboja

Menurut Tony, kelemahan yang paling mencolok yang dialami Timnas Indonesia senior adalah tidak adanya kreator serangan di lini tengah, hal itu menjadi salah satu sebab kamboja mampu tampil lebih mendominasi.

Sementara itu, penunjukkan Beni Wahyudi dan Rezaldi Hehanusa untuk memainkan peran di posisi bek sayap mampu memberikan supply bola baik ke depan, sehingga Timnas senior memang terlihat leluasa bermain dengan memulai serangan dari bawah.

Tapi itu bisa terjadi karena Kamboja tidak melakukan pressing ketat saat Indonesia membangun serangan.

“Dua bek sayap kita sangat aktif. Tapi, suplai bola dari lini tengah sangat minim,” ujar Tony.

Hanya saja kurangnya organisasi lini belakang yang dinilainya masih perlu pembenahan. Terutama hubungan atau jarak antara dua stopper dengan gelandang.

“Berkali-kali saya melihat ada celah di sektor ini. Beruntung, Kamboja tidak memanfaatkannya secara maksimal,” jelas Tony

Sementara kelemahan lainnya yakni transisi antara bertahan dan menyerang yang juga belum optimal.

“Kalau pun Indonesia bisa menang telak itu semata karena kelas kita memang di atas Kamboja. Tapi, apa pun, uji coba ini sangat bagus buat Timnas Indonesia untuk menghadapi laga selanjutnya,” pungkas Tony.

Seperti diketahui, kemenangan Indonesia berkat torehan gol Lerby Eliandry (31′), Rezaldi Hehanusa (34′) dan Septian David (48′), sedangkan satu gol balasan tim tamu dicetak Chan Vathanaka (47′).

Dikecam Karena Tak Kunjung Dapatkan Lawan Berkualitas Bagi Timnas, Ini Yang Dilakukan PSSI

Sementara Laga uji coba ini merupakan pertandingan uji coba kelima bagi Timnas Indonesia setelah melawan Myanmar (1-3), Kamboja (2-0), Puerto Riko (0-0), dan Fiji (0-0).

Komentar

komentar