foto: bola.net

STRIKER.ID – Secara mengejutkan Persipura Jayapura memastikan menolak mengikuti gelaran Liga Champions Asia 2018 jika tiket ke gelaran kompetisi antarklub sepak bola juara zona Asia tersebut didapat Mutiara Hitam dari luar ketentuan kompetisi.

Persipura hanya bersedia mengikuti Liga Champions Asia, jika berhasil menembus tiga besar klasemen final Liga 1 2017.

Seperti dilansir dari laman Instagram resmi Persipura, Direktur Media Persipura Bento Madubun mengatakan, jika dorongan klubnya ikut Liga Champions Asia dengan status sebagai juara dua Liga Indonesia 2014 maka tim asal Papua itu memilih menolak. “Kalau berdasarkan 2014, itu bukan hak kami,” kata Bento, Minggu (08/10).

Eks Striker Arema Sebut Begini Soal Permainan Persipura

Dia mengatakan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak perlu lagi membicarakan hasil kompetisi 2014 untuk musim kompetisi 2018.

“Itu bukan hak kami. Jika acuannya 2014, itu tidak benar. Jatah pada musim itu sudah diberikan pada TSC 2016 lalu, walaupun akhirnya hangus karena telat didaftarkan, namun hal itu sudah terakomodir,”

Bento melanjutkan, meski Liga 1 belum final, sementara ini manajemen klub memilih menolak jika PSSI dan LIB mengajukan Persipura untuk Liga Champions Asia tahun depan. Namun, dia mengatakan, jika klasemen final Liga 1 musim ini menempatkan Mutiara Hitam ada di peringkat tiga besar maka Boas Solossa dan kawan-kawan akan mengambil hak ikut dalam kompetisi Asia.

“Namun jika nanti di klasemen ada perubahan dan kami berhasil masuk di posisi yang layak dapat jatah itu, ya pasti kami terima. Namun kalau urusan 2014 dibawa – bawa lagi, itu tidak benar dan pasti kami tolak. Malu lah kita!” pungkas Bento.

Bento Madubun, foto: wartaplus.com

Liga Champions Asia 2018 akan digelar Januari sampai November 2018. Indonesia hanya punya jatah satu klub yang berhak ikut kompetisi antarklub elite di Asia tersebut. Acuannya, berdasar dari hasil final klasemen liga masing-masing negara.

Di Indonesia, putaran final Liga 1 musim ini akan berakhir pada pertengahan November mendatang. Persisnya pada pekan ke-34. Saat ini, Liga 1, sudah memasuki pekan ke-29. Masih tersisa enam pertandingan lagi sebelum pungkas.

Jika menengok klasemen sementara ini maka klub bakal juara Liga 1 adalah Bhayangkara FC. Kesebelasan dari Korps Kepolisian itu saat ini di puncak klasemen dengan nilai 59 angka.

Jika tim asuhan pelatih Simon McMenemy itu berhasil juara musim ini maka sudah pasti tak bakal bisa ambil bagian di Liga Champions Asia. Sebab, ada sejumlah regulasi kompetisi antara klub terbaik di Asia itu, yang mengganjal kepesertaan Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan. Antara lain, aturan yang mengharuskan klub peserta minimal sudah berdiri selama dua tahun.

Dulu Selalu Jadi Andalan Persipura Di Lini Belakang, Sekarang Nasib Bio Di SFC Justru…

Syarat lainnya, mengharuskan klub peserta tak pindah kandang juga selama dua musim. Syarat lainnya, minimal dua tahun tanpa adanya perubahan kepemilikan klub, dan perubahan logo kesebelasan. Eksistensi Bhayangkara FC di Liga 1 belum genap dua tahun.

 

Komentar

komentar