STRIKER.ID – Para pemain Hertha Berlin berlutut ketika akan bertanding melawan Schalke pada lanjutan Bundesliga Sabtu ini (14/10/2017). Bertempat di Olimpiade Berlin Stadium mereka memilih untuk berlutut ketimbang berdiri tegak ketika lagu kebangsaan Jerman dinyanyikan jelang laga.

Dilaporkan dari Sportskeeda, sebelas pemain Hertha Berlin secara kompak berlutut dengan satu kaki sebelum kick off. Ternyata aksi ini sebagai bentuk dukungan mereka terhadap rekan-rekan mereka di NFL (National Football League) yang diprotes karena hal yang sama .

Inilah Jajaran Pemain Yang Dapat Rekom Dari Messi Dan Ronaldo Untuk Dibeli Pada Musim Dingin Nanti

NFL adalah kompetisi resmi American Football yang diselenggarakan di Negeri Paman Sam. Sama seperti sepakbola, disana Lagu Kebangsaan biasanya dinyanyikan sebelum pertandingan berlangsung sebagai bentuk penghormatan kepada negara sekaligus sebagai simbol persatuan dalam kompetisi. Namun tak seperti dalam sepakbola, beberapa dari pemain NFL memilih untuk berlutut ketika lagu kebangsaan Amerika dikumandangkan. Padahal lumrahnya para pemain cukup berdiri tegak sembari meletakan tangan kanannya didada mereka masing-masing.

Gestur ini lah yang menimbulkan perdebatan, ada mereka yang mengatkan hal tersebut sah -sah saja namun dilain pihak hal tersebut justru dianggap sebagai tindakan tak menghormati negara. Menurut sebagian pemain NFL, berlutut saat lagu kebangsaan adalah bentuk protes terhadap kebrutalan polisi yang kerap terjadi di Amerika. Namun disaat yang bersamaan hal tersebut disebut sebagai bentuk protes terhadap kepemerintahan Donald Trump sekaligus penghinaan terhadap negara.

Peristiwa ini lah yang coba diangkat oleh Hertha Berlin, mereka sepakat untuk berlutut ketika lagu kebangsaan dikumandangkan seperti rekan-rekan mereka di NFL. Mereka ikut mengdengungkan semangat toleransi dan tanggung jawab dalam semangat olahraga.

Bahkan untuk menegaskan dukungan, mereka juga memposting foto penggawa Herta Berlin yang berlutut yang disertai dengan keterangan kalimat bernada dukungan di akun Twitter resmi mereka.

Memilih Pensiun, 7 Pemain Dunia Ini Punya Alasan Yang Tak Lazim, Nomor Empat Absurd Banget

Sayangnya pada pertandingan tersebut, Herta Berlin gagal memetik kemenangan. Mereka harus rela dibabat 0-2 dari tim tamu Schalke 04.

Komentar

komentar