STRIKER.ID – Dua hari (16/10/2017) lalu FIFA baru merilis peringkat terbaru dari seluruh 209 negara anggota negara asosiasi. Dan angin segar bagi pendukung timnas karena peringkat Indonesia naik empat peringkat. Indonesia menduduki  peringkat ke 165 dengan raihan 117 poin mengungguli saudara serumpun kita, Malaysia yang duduk diposisi 170 dengan 110 poin.

Sementara Siangapore malah terperosok jatuh keposisi 173 dengan mengkolesi 100 poin.

foto : Fox Sport

Namun meskipun Indonesia berhasil naik peringkat, kita tentu bertanya-tanya kenapa bukan Thailand yang yang berada dipuncak dikawasan ASEAN ? Kenapa justru Filipina yang menjadi negara Asean dengan rangking tertinggi saat ini?. Padahal pada kompetisi level ASEAN, negara Quincy Kameraad ini sering kalah Indonesia, Thailand, atau Malaysia. Tentu saja itu membuat sebagian orang mengerenyitkan dahi.

Gelandang Timnas Thailand Ini Ajak Egy Messi Berkarir Di Swedia

Alasan tingginya poin Filipina disebabkan karena intensitas pertandingan Internasional yang mereka lakukan. Begini…!, dalam setiap pertandingan resmi dibawa naungan FIFA (pertandingan persahabatan dan ujicoba juga termasuk) akan selalu ada perhitungan poin disana. Jadi semakin banyak melakukan pertandingan resmi makan semakin banyak pula poin yang bakal didulang.

Untuk rumus dan cara menghitungnya bisa dilihat digambar dari Panditfootball.com ini.

Filipina saat ini masih aktif mengikuti kualifikasi Piala Asia 2019. Filipina saat ini tergabung di Grup F bersama tim-tim kuat Asia seperti Tajikistan(123), Nepal (176) dan Yemen(112). Yemen saat ini memang berada diperingkat ke-112, namun pada awal kualifikasi mereka hanya berada diposisi ke-176 menurut Wikipedia.

foto : FIFA.com

Selain itu mereka juga melakukan pertandingan persahabatan melawan Malaysia dan juga raksasa Asia, China. Tentu saja melawan negeri Tirai Bambu membawa dampak positif bagi Filipina meskipun kalah 8-1.

5 Pemain Ini Menghianati Tanah Kelahirannya Untuk Bermain di Timnas Negara Lain

Sedangkan Indonesia yang didiskualifikasi dari Piala Asia 2019 karena kistrus PSSI 2015 silam mencoba mengejar dengan melakukan beberapa pertandingan persabahatan dengan salah satu agendanya melawan Argentina. Jika saja Luis Milla laga tersebut jadi digelar, peringkat Indonesia tentu saja melesat jauh, mungkin 8-10 peringkat. Namun jika indonesia berhasil menang atas Argentina, yakin Indonesia bakal masuk posisi 70 besar.

 

Komentar

komentar