STRIKER.ID – Sejarah panjang Indonesia membuat ribuan warganya tersebar keberbagai negara dengan berbagai alasan. Banyak dari mereka yang menetap akhirnya memiliki keturunan dan menetap secara permanen di Negara lain.

Faktor tersebut membuat banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang mempunyai darah Merah Putih yang mengalir dalam dirinya. Seperti lima manajer tim Eropa Ini.

Meskipun mereka tak punya kesempatan untuk kembali namun mereka tak sungkan mengakui mereka adalah keturunan Indonesia. Dan bahkan beberapa diantaranya sudah mengakui ingin kembali ke Indonesia untuk berbagi pengalamanan.

Siapakan saja kelima pelatih ini, berikut ulasanya

Dilumat Korsel, Egy CS Rasakan Kekalahan Telak Pertama Sejak Piala AFF U-18

Giovanni Christian van Bronckhorst

- Advertisement -

Bukan rahasia lagi jika mantan pemain Barcelona ini punya darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya. Ayahnya adalah seorang pemain keturunan Indonesia-Belanda, sedangkan sang ibu adalah orang Maluku asli. Lahir dengan keluarga berlatar belakang Indonesia, Van Brockhorst ketahui masih bisa berbahasa Indonesia dengan fasih.

Setelah memutuskan gantung sepatu para 2010 silam, pria 42 tahun ini pun memutuskan untuk meneruskan kariernya sebagai pelatih. Sesaat setelah mengumumkan berita pensiunya, dia memutuskan untuk bergabung dengan Timnas Belanda U-21 untuk menjadi seorang asisten manajer. Setahun setelahnya dia pindah kemantan klubnya, Feyenoord dengan jabatan yang sama.

Setelah empat musim berlalu, 2015 tepatnya Van Bronckhorst mendapatkan kesempatan untuk menjadi manajer utama Feyenoord dan bertahan hingga saat ini.

Debutnya sebgai manajerpun tak begitu mengecewakan, sejak 2015 silam dia mengemas 64 kemenangan, 14 seri dan 26 kalah dari 104 pertandingan.

Prev1 dari 5
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar