STRIKER.ID – Stadion sebagai salah satu syarat wajib untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan sepak bola memang sudah sepatutnya memiliki kualitas dan segala penunjangnya yang bagus. Dan salah satu faktor wajib yang harus menjadi perhatian khusus di dalam stadion adalah kualitas rumput.

Di Indonesia sendiri belum semua stadion memiliki kualitas rumput yang baik. Namun ada juga yang telah menggunakan rumput dengan kualitas tinggi. Stadion tersebut antara lain adalah Gelora Bung Karno, Batakan dan Stadion Galuh di Ciamis.

Stadion Galuh merupakan kandang dari PSGC Ciamis yang terletak dikabupaten Ciamis, Jawa Barat. Stadion berkapasitas 25.000 orang itu memang buah dari dukungan penuh pemerintah Ciamis demi memajukan persepak bolaan Ciamis.

Sebelum mengalami renovasi pada tahun 2011 dan dilanjutkan perbaikan kecil pada tahun 2015, stadion ini memang tampak biasa. Namun, setelah itu dari hasil renovasi tersebut, kualitas rumput di Stadion Galuh setara dengan Stadion di Eropa.

Dalam stadion ini menggunakan cow grass atau sering dikenal dengan rumput gajah. Jenis rumput ini juga sama dengan rumput yang digunakan oleh pengelola stadion Siliwangi dan Kanjuruhan. Rumput jenis ini memiliki ciri khas yang tebal. Rata-rata stadion di Indonesia masih menggunakan rumput bermuda yang memiliki ciri khas tipis.

Disamping itu, bagusnya kualitas stadion juga didukung dengan sistem drainasenya yang juga cukup baik, karena mampu membuat air hasil hujan akan cepat surut dan tidak menggenang di lapangan.

Untuk tribun penontonnya sendiri memiliki empat bagian yakni Tribun Utara, Selatan, Timur dan VVIP pada bagian barat. Pada bagian VVIP memiliki dua ruangan yang digunakan untuk keperluan kedua tim yang akan berlaga di stadion tersebut.

Meski PSGC Kini berkompetisi di kasta kedua Liga Indonesia. Namun mereka sudah memiliki stadion yang cukup baik. Ini bisa menjadi contoh bagi tim-tim lain untuk memiliki stadion dengan kualitas bagus. Apalagi untuk tim yang berlaga di Liga 1 masih banyak yang belum memiliki stadion yang berkualitas, ini dapat menjadi contoh bagi mereka.

Sumber : UCNews.com

 

Komentar

komentar