STRIKER.ID – Lionel Messi begitu perkasa musim ini dengan mencetak 17 gol dari semua kompetisi yang dilakoni bersama Barcelona. Namun tahukah anda siapakah pencetak gol terbanyak Barca musim ini ?  jawabannya adalah “gol bunuh diri”.

Los Cules tercatat berhasil memetik enam gol karena kecerobohan pemain lawan yang memasukan bola kegawangnya sendiri. Jumlah tersebut menyamai perolehan Luis Suarez yang juga membukukan enam gol. Jadi sah-sah saja menyebut keduanya sebagai pencetak gol terbanyak.

Fakta tersebut berdasarkan data yang dirilis oleh Opta Jose beberapa menit lalu (6 Desember 2017). Enam gol tersebut termasuk gol bunuh diri yang disarangkan oleh Jeremi Mathiew kegawagnya sendiri saat, Barca menghadapi Sporting CP dini hari tadi (6 Desember).

Jika dilihat dari kaca mata positif banyaknya gol bunuh diri yang dilesakan oleh Barca   adalah bukti bagaimana kalang kabutnya barisan pertahanan lawan dalam menghadapi serangan Messi CS. Namun jika dilihat dari sudut pandang lain, ini adalah sebuah anomali besar bagi klub sebesar Barcelona.

Barcelona FC, sebuah klub besar yang diperkuat oleh sejumlah nama besar seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Andres Iniesta ataupun Ousmane Dembele.  Dengan data tersebut ketajaman para pemain depan Barca kian menjadi perdebatan.

Salah satu yang cukup disorot adalah penampilan Luis Suarez yang hingga saat ini bisa dibilang mandul. Bahkan secara tidak sadar Ernesto Varverde kini mulai melirik Paco Alcacer ketimbang bergantung pada Suarez.

Disisi lain dengan data ini menunjukan Barcelona adalah tim Messi. Messi terlalu superior dan mampu mengangkat Barcelona. Dengan ini pula publik semakin ragu apakah Barca tetap sebagus ini jika Messi pensiun nantinya.

 

Komentar

komentar