STRIKER.ID – Sebagai bekal jika nantinya sudah pensiun dari Lapangan hijau, kiper PSM Makassar, Muh Syaiful akhirnya menyelesaikan kuliah dengan jurusan yang ia ambil Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNM.

Deretan Pemain Tercepat Di Dunia, Bangganya Dua Wonderkid Indonesia Ini Imbangi Torehan Dua Bintang Eropa

Memang perlu waktu lama bagi Syaiful untuk menyelesaikan kuliahnya itu, yakni selama enam tahun. Karena ia harus membagi waktu antara kuliah dengan membela PSM Makassar. Karenanya ia bersyukur dengan pencapaiannya tersebut.

“Alhamdulillah sekarang sudah selesai. Butuh perjuangan yang panjang untuk mendapat gelar sebagai sarjana pendidikan,” kata Muh Syaiful, dilansir dari BolaSport.com

“Banyak suka dan dukanya, terutama saat harus membagi waktu antara PSM dan kuliah.” imbuhnya.

Tak hanya berhenti disitu, Syaiful juga berkeinginan untuk bisa melanjutkan pendidikan hingga program Magister (S-2) dan Doktor (S-3). Menyadari pentingnya pendidikan untuk masa depan. Pendidikan yang diperolehnya akan menjadi pegangan saat dia pensiun dari sepak bola karena usia.

Masih Ingat Pemain Asal Korsel Shin Hyun Joon? Ternyata Ia Masih Berharap Hal Ini Dari PSMS Medan Yang Sukses Promosi Ke Liga 1

Seperti diketahui, sepanjang membela PSM Makassar di Liga 1 musim kemarin, pemain bernomor punggung 51 ini tampil sangat bagus, tercatat dari 10 kali sebagai starter, ua berhasil tiga kali mencatat cleansheet.

 

Komentar

komentar