STRIKER.ID – Tahun 2017 sudah usai dan berganti dengan 2018, begitu pula dengan musim kompetisi diwilayah ASEAN. Meskipun tak semuanya namun pergantian tahun juga menjadi awal kompetisi baru mereka.

Di Indonesia sendiri kita baru saja menutup lembaran Liga 1 2017 dengan kemenangan Bhayangkara FC. Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius juga didapuk menjadi penyerang paling subur dalam kompetisi kali ini dengan 37 gol. Pemain asal Belanda tersebut sukses memecahkan rekor yang dipegang Peri Sandira semala 23 tahun yang mampu mencetak 34 gol dalam semusim.

Kisah Balada Cinta Persija Dengan ‘Sang Pangeran Negeri Di Atas Awan’

Dengan raihan tersebut, Comvalius digadang sebagai striker paling subur se Asia Tengara.

Lantas sebenarnya berapakan raihan top skorer di wilayah ASEAN lainnya. Berdasarkan data dari Transfermarkt.com, berikut ini kami sudah menghimpun setidaknya enam top skor lainnya dari enam liga besar ASEAN yang terdiri dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar dan Singapura.

Langsung saja berikut ulasannya mulai dari yang terkecil :

Myanmar National League – Keith Martu Nah & Christopher Chizoba (15 gol)

Musim ini Myanman punya dua top skorer yang sama-sama mencetak 15 gol. Yang pertama adalah Keith Martu Nah yang bermain untuk Ayeyawady United dan juga Christopher Chizoba yang bermain untuk Shan United.

Berdasarkan Transfermarkt Keith Martu Nah sedang dalam status free agent, mungkin klub Indonesia bisa mendatangkannya apalagi usianya baru 22 tahun.

 

Vietnam League 1 – Nguyen Anh Duc (17 gol)

Nguyen Anh Duc menjadi satu-satunya pemain lokal yang mampu mencatatkan sebagai pencetak gol terbanyak dinegara sendiri. Anh Duc sukses mencatatkan 17 gol bersama Becamex Binh Duong FC

 

Philippines Football League – Bienvienido Maranon (22 gol)

Winger asal spanyol ini sukses membukan 22 gol bersama Ceres Negros FC sepanjang musim lalu.

 

Malaysia Super League – Mohamad Ghaddar (23 Gol)

Mohamad Ghaddar merupakan pemain berusia 33 tahun yang berasal Lebanon. Musim ini dia sukses menjadi top skor MSL dengan raihan 23 gol. Uniknya dia menciptakan gol tersebut dengan dua klub yang berbeda yaitu Kelantan FA dan JDT.

 

Singapore League – Stipe Plazibat (25 gol)

Penyerang asal Kroasia ini sukses membukukan 25 gol bersama Home United musim lalu. Berkat ketajamannya tersebut, Bangkok Glass memutuskan untuk memboyongnya pada 16 Desember lalu.

Thai League – Dragan Boskovic (38 gol)

Gawat! Bali United Ancang Ancang Akan Ambil Bek Arema Ini, Jika…

Inilah pemain yang berhasil mengungguli pencapaian Convalius sebagai top skorer se Asia Tenggara. Pemain asal Montenegro ini berhasil mencetak 38 gol musim lalu bersama Bangkok United. Kini Boskovic menjadi rekan Terens Puhiri di Port FC.

 

 

Komentar

komentar