STRIKER.ID– Pembinaan klub yang baik serta kompetisi sepakbola yang sehat akan memberi dampak posistif bagi timnas, dan itu merupakan harga mutlak. Dan khususnya di Indonesia masih belum seperti halnya Thailand atau bahkan Vietnam, namun bukan berarti hal itu tidak bisa teratasi, namun sejatinya masalah itu bisa teratasi, jikalau semua hal yang mendukung hal tersebut dilakukan dengan sepenuh hati dan bersinergi.

Mantan pelatih timnas U-19, Indra Sjafri pun menyoroti kondisi tersebut, Ia mengakui kontestan Liga 1 memang tidak bisa dikesampingkan melalui peran pemain asing.

Bersaing di level kompetisi tertinggi seperti Liga 1 memaksa klub-klub menggunakan jasa pemain asing. Dan pengunaan pemain asing ini berimbas pada berkurangnya kesempatan pemain lokal.

Melihat kondisi ini, pelatih asal Padang ini menekankan pentingnya penggemblengan pemain lokal yang nantinya bermuara pada pembentukan tim nasional. Dia berharap klub-klub memiliki kebijakan untuk bisa mendukung pemain lokal Indonesia bisa sering ditempatkan di posisi penyerang dan gelandang.

“Ini kan harusnya untuk keperluan timnas, jadi harus memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pemain kita. Kami rasakan di timnas sulit mencari pemain depan atau striker, karena posisi penting ditempati pemain asing,” kata mantan pelatih timnas U-19 itu.

Jika klub-klub di Liga 1 tak bisa lepas dari pemain asing, maka solusinya klub di Liga 2 dan Liga 3 harus membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pemain-pemain muda.

“Saya berharap Liga 2 dan 3 menjadi wadah untuk memberi kesempatan kepada pemain muda. Di Liga 1 benar-benar profesional, karena kalau tidak ada asing juga tidak bisa, karena ini kan arahnya untuk sepak bola industri. Kalau bicara industri kami bicara brand, bicara daya tarik. Daya tarik asing mungkin lebih baik,” pungkas Indra dikutip dari inilah.com.

Semoga saja klub di Indonesia bisa memberi kesempatan pemain muda seperti harapan Indra Sjafri.

Indra Sjafri, yang merupakan pelatih usia muda yang pernah membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2013, menilai klub Indonesia perlu berkomitmen memberikan menit bermain kepada pemain lokal demi kepentingan Timnas Indonesia. . Semoga saja klub-klub Indonesia bisa memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para pemain muda terutama di beberapa posisi inti seperti Striker,Gelandang,dan Bek Tengah? . . #timnas #indonesia #timnasindonesia #timnasday #indonesiaday #merahputih #indonesiajuara #ayoindonesiabisa #onenationoneteam #semangatmenolakmenyerah #bangkitsepakbolaindonesia #indonesiatillidie #timnasu16 #timnasu19 #timnasu23 #timnassenior #garudaasia #garudanusantara #garudamuda #timnasgaruda #indonesiabisa #GarudaMedia . . AKUN PARTNER @anakbolatumblr @anakbolaungkapan @timnasmediaindonesia @timnasevolution @egymaulana10_fans @garuda_football_club

A post shared by All About Timnas Indonesia (@garuda_media) on

Komentar

komentar