6 Faktor Yang Membuat Komunitas Penggemar Vtuber Kuat Dan Loyal

Di mata beberapa orang, kemunculan Vtuber populer dianggap sebagai fenomena baru. 

Apalagi penampilan para karakter yang didukung software dan program terkini dari percepatan digitalisasi pada masa pandemi. 

Kenyataannya, Vtuber sudah bertahan selama sepuluh tahun lebih dan hal ini tak terlepas dari komunitas penggemar yang solid.

Lantas saat dibandingkan dengan komunitas kreator lain, apa yang membuat komunitas Vtuber mampu bertahan selama bertahun-tahun? Berikut penjelasan yang disitat dari Anime Corner:

  1. Menerima Vtuber pemula maupun profesional

Komunitas penggemar tak memusatkan perhatian mereka pada tingkat popularitas, melainkan genre dan minat. Jadi, Anda yang sedang menyelami dunia Vtuber tak perlu segan bergabung, asalkan kontennya dapat ditargetkan pada audiensi yang sesuai.

Kizuna Ai, Gawr Guram dan Kiryu Coco adalah beberapa karakter Vtuber yang bisa Anda jadikan referensi. Bahkan ada juga audiensi untuk Vtuber indie yang ruang lingkupnya lebih spesifik.

  1. Ruang berekspresi tanpa perlu mengorbankan privasi

Saat menjadi Youtuber, Anda harus merelakan wajah bahkan kehidupan pribadi tersiar ke publik. Sementara Vtuber justru akan melindungi privasi, tetapi tak menghalangi diri Anda berekspresi dan berinteraksi dengan viewers. Komunitas juga akan menerima Anda tanpa mengulik informasi lain.

Memang ada beberapa Vtuber populer yang akhirnya membuka identitas asli mereka. Namun, komunitas tetap memusatkan fokus mereka pada konten yang diunggah ke channel kreator.

  1. Bebas berinteraksi dan tetap menjadi diri sendiri

Banyak orang yang menganggap Vtuber memainkan persona tersendiri melalui karakter yang ditampilkan lewat video. Kenyataannya, para Vtuber justru menggunakan karakter tersebut supaya lebih leluasa membagikan minat mereka sekaligus berinteraksi dengan viewers.

Faktor ini pula yang membuat komunitas penggemar semakin kuat. Mereka akan memberikan dukungan kepada Vtuber, sementara sang kreator termotivasi menyuguhkan konten-konten terbaik. 

  1. Merayakan jati diri mereka yang sesungguhnya
Baca Juga :  Download Mod Livery Bussid Truk Bak Kayu

Menyambung dari poin sebelumnya, saat komunitas mendukung Vtuber, kreator juga tergerak mengembangkan karakter dan konten. Malah tak sedikit dari mereka yang berhasil menemukan jati diri melalui karakter dan feedback positif dari penggemar.

Untuk itulah, komunitas penggemar Vtuber kerap dianggap sebagai wadah untuk merayakan jati diri mereka sesungguhnya. Tak ada yang menghakimi, siapa saja akan diterima!

  1. Membuat kreator nyaman mengelola konten 

Salah satu faktor yang membuat Vtuber populer bertahan cukup lama adalah komunitas yang tak mendesak kreator untuk cepat-cepat mengunggah konten baru. Tak hanya mendukung, mereka juga memastikan konsentrasi kreator tak terusik, sehingga mampu menghasilkan konten yang bagus.

Di sisi lain, Vtuber profesional menjadikan dukungan komunitas sebagai motivasi agar kontennya memenuhi ekspektasi. Jadi mereka tak akan meninggalkan channel maupun karakternya.

  1. Wadah berkolaborasi untuk sesama kreator

Bukan hanya bertemu penggemar sesuai minat dan genre, komunitas adalah wadah untuk Vtuber untuk berkolaborasi dengan sesama kreator. 

Langkah ini juga membantu pemula yang belum punya audiensi dan memerlukan dukungan kreator lain untuk sama-sama berkembang.

Bersama Vtuber berpengalaman, Anda akan memperoleh berbagai benefit. Dari mendapatkan rekomendasi software, network, acara komunitas, hingga kiat untuk menghasilkan pendapatan.

Menjadi Vtuber tak dipungkiri memerlukan biaya besar, terutama saat Anda beralih menggunakan perangkat dan sotfware premium. Namun komunitas membantu kreator meniti karier dari awal, lalu terus memberikan motivasi hingga membentuk mereka menjadi Vtuber populer. 

Baca artikel dari Ganknow.com yang berjudul How to Become a Vtuber ini untuk tau lebih dalam bagaimana cara menjadi Vtuber dari awal.

Terakhir, jangan abaikan opini, saran, dan kritik dari penggemar untuk meningkatkan kualitas konten Anda.