STRIKER.ID – Kasus Tax Fraud  atau penghindaran pajak kembali menyambangi pemain sepakbola dunia. Setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kini giliran penyerang anyar Manchester United, Alexis Sanchez.

Sama seperti dua pendahulunya, Sanchez disentil oleh otoritas Spanyol karena tak membayar pajak saat membela Barcelona pada tahun 2012 dan 2013 silam. Menurut Metro.co.uk Sanchez ketahuan kong kalikong dengan sebuah perusahaan di Malta untuk menghindari jeratan pajak atas gajinya di Spanyol.

Jose Mourinho Banyak Mengeluh Usai Petik Kemenangan Atas Huddersfield

Karena ulah nakalnya tersebut, pemerintah Spanyol mengalami kerugian sebesar 1 juta euro atau setara dengan 16,7 miliar rupiah. Kini pemain Chile tersebut diancam dengan hukuman kurungan 16 bulan penjara beserta kewajiban membayar semua hutang kepada Spanyol.

Menanggapi masalah serius ini, Sanchez memilih untuk bertindak kooperatif dan menjalani semua proses persidangan. Dia memilih jalan damai dan bersedia untuk mengembalikan semua pajak yang dia gelapkan beserta bunganya. Beruntung, pemain 29 tahun tersebut juga tak akan mendekam dibalik jeruji besi. Dia harus berterima kasih pada kebijakan Spanyol yang membebaskan seseorang dari penjara jika hukumannya kurang dari 24 bulan. Meskipun demikian ada kompensasi yang harus dia bayarkan.

Namun kondisi Sanchez masih belum aman, pasalnya jika dua tahun kedepan ditemukan kembali kesalahan yang sama, pihak Spanyol akan memberikan hukuman langsung dua tahun penjara. Artinya Sanchez harus menjalani masa kurungan baik mau ataupun tak mau.

Wayne Rooney Bongkar Alasan Mengapa Ruud van Nistelrooy Begitu Benci CR7

Sebelum Sanchez banyak kasus penggelapan pajak yang melibatkan para pemain dan juga pelatih di La Liga. Ditengarai tingginya kewajiban pajak yang nyaris 50 persen dari pendapatan membuat sejumlah pemain bola memutuskan untuk mencari jalan nakal.

Komentar

komentar