STRIKER.ID – Setelah sembilan tahun akhirnya wasit Tom Henning Ovrebo mengakui melakukan kesalahannya saat partai semi final Liga Champion 2009  yang mempertemukan Chelsea dan Barcelona.  Pasalnya atas kesalahan fatalnya tersebut sangat merugikan Chelsea dalam perebutan gelar juara.

Sebagai pengingat laga yang digelar di Stamford Bridge tersebut dikenal sebagai salah satu laga paling kontroversial. Pasalnya wasit berusia 51 tahun tersebut tak memberikan empat kesempatan pinalti, termasuk diantaranya handsball Gerard Pique dan Samuel Eto’o. Yang lebih parah lagi Ovrebo terkesan sengaja mengulur waktu untuk meniupkan peluitnya sehinga Andres Iniesta mampu mencetak gol yang mampu mengantarkan Barca ke final.

5 Pemain Yang Mengaku Membenci Louis Van Gaal, Tiga Diantaranya Karena…

Atas keputusan-keputusan tersebut Ovrebo mendapatkan reaksi keras dari para pemain The Blues. Anda mungkin masih ingat bagaimana Michael Ballack berusaha mengejar dan meneriaki Ovrebo yang acuh, reaksi eksplosif Didier Drogba yang menghina habis-habisan Ovrebo dengan kata-kata tak layak diepan kamera, atau sindiran Jose Bosingwa yang menyebut Ovrebo sebagai pencuri.

Bagaimanapun atas reaksi berlebihan tersebut Drogba harus diganjar larangan bermain enam kali pertandingan. Sedangkan Bosingwa harus diganjar tiga kali pertandingan. Tak hanya itu Chelsea harus membayar sebesar 850000 pounds karena reaksi berlebih dari suporter, manajer, serta para pemainnya.

Tak hanya reaksi berupa cibiran, Ovrebo juga menghadapi ancaman pembunuhan dari para fans The Blues. Sampai-sampai dia harus pindah hotel dan terus diawasi selama beberpa hari pasca laga.

“Itu bukanlah hari terbaik bagi saya, sungguh. Tapi semua kesalahan tersebut dilakukan oleh seorang wasit dan terkadang pemain ataupun pelatih. Terkadang anda tak berada dilevel yang seharusnya, namun bagaimana pun saya tak bisa berbangga atas performa kala itu”, ujar Ovrebo pada Marca.com

“Ada beberapa kesalahan dan semua orang punya pendat sendiri mengenai pertandingan. Namun saya menekankan pemain dan pelatih juga bersalah.”

Coutinho Datang, Iniesta ke China ?

“Sudah jelas itu adalah pertandingan yang penting dan jelas mengejutkan. Dari situ sudah dapat dimaklumi akan banyak orang yang mengingat.”

 

Komentar

komentar