foto: Official IG Bali United

STRIKER.ID – Asa Bali United untuk bisa mengemas poin penuh dari kandang klub Filipina Global Cebu pada laga pekan kedua fase Grup Piala AFC di Stadion Rizal Memorial Park, Selasa (27/02/2018) gagal dipenuhi. Nick van der Velden dkk hanya sukses membawa pulang satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Bali United yang bertekad memenangkan laga melawan Global Cebu, langsung memasang formasi terbaiknya. Termasuk juga memainkan penyerang Irfan Bachdim yang lama absen lantaran cedera.

Serdadu Tridatu sendiri tampak berusaha tampil menekan di awal – awal babak pertama. Namun tampaknya kondisi rumput sintetis yang tidak biasa mereka gunakan, justru tampak membuat pasukan Bali United tampak kurang nyaman.

Meskipun sempat punya beberapa peluang di 10 menit pertama, melalui Kevin Brands dan juga Irfan bachdim, namun Bali United justru harus kebobolan terlebih dahulu di menit ke-12. Pemain depan Global Cebu Curt Dizon sukses memanfaatkan tepisan tak sempurna Wawan Hendrawan yang berusaha menghalau umpan lambung klub dengan kostum kuning tersebut. 1-0 untuk Global Cebu.

Terlecut gol tersebut, pemain Bali yang mulai mampu beradaptasi dengan kondisi lapangan, langsung tampil mendominasi. Bahkan di babak pertama mereka mencatatkan penguasan bola hingga 68% dari tuan rumah.

Peluang demi peluang melalui Kevin Brands, Stevano Lilipaly dan Irfan Bachdim pun lahir. Namun karena kurang tenang peluang tersebut belum mampu menggetarkan gawang tuan rumah yang dijaga kiper P. Deyto.

Baca juga:

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah memilih mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Hal ini sempat membuat pertahanan Bali United yang digalang Demerson terancam selama 10 menit pertama.

Pelatih Widodo Cahyono Putro pun mulai memasukkan darah segar demi bisa mengejar ketertinggalan dari Global Cebu. Dua pemain bertipe penyerang pun dimasukkan oleh Widodo, yaitu Yabes Roni mengganti Kevin Brands, serta Martinus Novianto untuk Irfan Bachdim.

foto: IG Official Bali United

Pergantian ini pun membuahkan hasil, serangan demi serangan Serdadu Tridatu kembali tajam. Hingga akhirnya di menit ke 74 Ilija Spasojevic sukses menjebol gawang klub liga Filipina tersebut. memanfaatkan umpan sepak pojok sempurna Fadil Sausu, Spaso sukses melakukan tandukan tajam yang tak mampu diantisipasi. Skor pun berubah 1-1.

Bali United sebenarnya punya peluang untuk bisa menambah gol. Ketika di menit 80 mereka mendapatkan hadiah penalti. Setelah bek tuan rumah melakukan hand ball di kotak 16. Sayangnya tendangan Spaso justru dengan mudah bisa ditepis kiper Global Cebu. Skor pun tidak berubah.

Tidak mau kehilangan momentum Bali United terus mencoba menggedor pertahanan Global Cebu. Menyadari hal tersebut, klub asuhan M Allado ini pun mulai menerapkan strategi parkir bus, hingga membuat Spaso dkk sulit menembus pertahanan berlapis mereka.

Pemain muda Martinus Novianto sendiri terpaksa ditarik keluar dan digantikan Ahmad Agung pada injury time, setelah mengalami cedera akibat berbenturan dengan bek lawan.

Akhirny hingga wasit meniupkan peluit panjang kedudukan imbang tidak berubah. Serdadu Tridatu pun membawa satu poin dari Stadion Rizal Memorial Park, Filipina.

Komentar

komentar