photo: jawapos.com

STRIKER.ID-Persipura Jayapura memang termasuk salah satu klub Liga Indonesia paling berprestasi.Persipura telah meraih 4 kali juara Liga Indonesia di tahun 2005, 2009, 2011 dan 2013.

Persipura juga pernah melaju ke babak semifinal AFC Cup di tahun 2014, meski akhirnya tak mendapat gelar juara. Tim berjuluk Mutiara Hitam ini bermarkas di Stadion Mandala, Jayapura.

Menjelang perhelatan Liga 1 dan Piala Indonesia musim 2018/2019 kali ini Persipura Jayapura mengalami perubahan skuad cukup besar, setelah berkutat masalah dengan kondisi finansial yang belum memadai, beberapa pemain utama pindah klub.

Sebut saja Osvaldo Haay, penjaga gawang, Yoo Jae Hoon, Feri Pahabol selain itu manajemen Persipura juga mencoret 5 pemain seperti Elvies Harewan, Israel Wamiauw, Maurits Hamadi, Dany Asmuruf, Agus Kogoya.

Meski banyak pilar utama berpindah klub, namun pesona tim berjuluk Mutiara Hitam ini, masih memiliki kekuatan “magis” bagi pemain lawas yang lebih memilih tetap bersama Persipura, mereka diantaranya, Boaz Salossa, Victor Pae, Ricardo Salampessy, Yohanes Tjoe, Andri Ibo, dan Yustinus Pae.

Punggawa Mutiara Hitam

- Advertisement -

Kini setelah mendapat suntikan dana dari PT Freeport dan Bang Papua, dengan nilai kurang lebih mencapai Rp 10 Milyar, Tim Mutiara Hitam mulai berbenah manajemen Persipura mengontrak pelatih baru, yaitu Peter Butler.

Pelatih 51 tahun asal Inggris itu miliki banyak pengalaman di dunia kepelatihan. Ia pernah melatih klub Liga Inggris, West Ham United medio 1992-1994. Ia juga punya pengalaman melatih beberapa tim Malaysia. Pelatih kelahiran 27 Agustus 1966 itu juga pernah melatih klub asal Indonesia, Persiba Balikpapan di tahun 2012 lalu.

Setelah mengontrak pelatih anyar, mereka juga merombak skuatnya, dengan mengontrak 3 pemain asing anyar, Marcel Sacramento (Brazil), Hilton Moreira  (Brazil), Abdoulaye Youssouf Maiga (Mali)

Daftar pemain baru : I Nyoman Ansanay, Tri Hamdani Goentoro (kiper), Rivaldo Ferre, Papua Komboy dan Otto Kapisa (RBC), Reinhard Sokoy, Spieks Sokoy, Tom Yoku dan Patrick Womsiwor (SSB Sentani), Maurits Hamadi dan Abraham Meraudje (PS Injros), Rian Flegon Ayomi dan Yesaya Kogoya (Putra Pasifik), Marsel (Tunas Muda Hamadi), Diego Werbabkay (PS Kayu Pulau), Erik Titaley (Waena FC), Cessa Yarangga dan Lodwik Deda (PS. Nafri)

Keluar: Mauricio Leal, Osvaldo Haay, Nelson Alom, Feri Pahabol, Rony Beroperay, Yoo Jae-Hoon

Prediksi Musim Ini

Dengan adanya pelatih baru serta banyaknya pemain yang datang dan pergi, skema coach Butler belum bisa ditebak bagaimana gaya kepelatihannya mengingat Persipura baru satu kali pun melakoni pertandingan pramusim, yakni turun di turnamen Jakajaya (Jawa-Kalimantan-Jayapura). Peter Butler harus membangun tim dari nol pasca pemain andalan Persipura hengkang ke klub lain.

Namun jika melihat gaya kepelatihan Peter Butler yang suka dengan pemain muda baru, nampaknya Persipura musim ini, akan tetap mengandalkan permainan cepat.

Pemain muda Rivaldo Ferre, digadang gadang akan menjadi bintang baru bagi Persipura musim ini, apalagi ia sekarang dipanggil oleh timnas.

Komentar

komentar