STRIKER.ID – PSIS Semarang merupakan satu dari tiga tim Liga 2 yang sukses promosi ke Liga 1 Indonesia musim 2018 setelah PSMS Medan dan Persebaya Surabaya. Mereka mengantongi tiket promosi setelah menang dramatis atas Martapura FC. Dengan kembalinya ketiga klub ini, Liga 1 musim 2018 bakal menjadi ajang reuni bagi 8 klub alumnus era perserikatan.

Seperti disinggung sebelumnya PSIS Semarang punya sejarah panjang yang mengiringinya. Sekitar tahun 2000 hingga 2006 bisa disebut sebagai puncak kejayaan mereka. Kala itu mereka bisa disebut sebagai salah satu klub yang diperhitungkan dan banyak dihuni oleh pemain timnas.

Sayang memasuki tahun 2007 klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini goyah dan mengalami penurunan performa. Puncaknya pada tahun 2009 mereka dipaksa turun kasta ke Divisi Utama.

Sejak saat itu PSIS kehilangan sejumlah pemain-pemain bintangnya. Dengan hilangnya pondasi utama mereka pun hanya mampu bercokol sebagai tim spesialis penyisihan. Awan kelabu tak berhenti sampai disitu, pada tahun 2014 silam mereka tersangkut kasus Sepak Bola Gajah yang membuat nyaris semua anggota klub mendapatkan sanksi.

Beruntung pada tanggal 10 Januari Edy Rahmayadi memulihkan status pemain dan perangkat tim yang terkena sanksi.

Kini setelah cerita kelam, PSIS kembali mendulang asa untuk mendapatkan era keemasannya kembali. Ini bakal menjadi perjalanan yang berat mengingat mereka jauh tertinggal dari klub-klub Liga 1 lainnya yang unggul dari segi kedalaman pemain.

Daftar Pemain PSIS Semarang 2018

Kiper: Aji Bayu Putra, M. Sendri Johansyah

Bek: M. Rio Saputra, Tegar Pribadi, Safrudin Tahar, Haudi Abdillah, Akbar Riansyah, Frendi Saputra, Petar Planic(Serbia), Gilang Ginarsa, Syukron, Fauzan Fajri

Tengah: Tegar Infantri, Franky Mahendra, Andrid Wibawa, Muhammad Yunus, Ruud Gullid, Melcior Majefat, Bayu Nugroho, Hapidin, Hapit Ibrahim, Arif Yanggi, Gustur Cahyo, Ibrahim Conteh (Sierra Leone, Afrika Barat), Akhlidin Israilov (Kyrgistan)

Penyerang: Erik Dwi Ermawansyah, M. Alghifari Rais, Aldaier Makatindu, Hari Nur Yulianto, Komarudin, Bruno Silva (Brasil)

Pelatih : Subangkit

Prediksi Musim Ini

Melihat dari beberapa pertandingan yang dilakoni PSIS Semarang menunjukan masih banyak kekurangan yang harus segera dibenahi. Bahkan jika mereka tak segera mencari solusi masalah ini, bukan tidak mungkin mereka harus kembali ke Liga 2 dimusim depan.

Ini bakal menjadi musim yang berat bagi Subangkit dan pasukannya. Selain karena kedalaman tim, mayoritas pemain juga masih terkesan kaku. Yang mereka butuhkan saat ini adalah adaptasi, adaptasi, dan kerja keras.

Untuk prediksi musim ini, PSIS kemungkinan akan bertahan dipapan bawah dengan kemungkinan naik hingga kepapan tengah. Meskipun demikian bola itu bulat, musim lalu saja Persib yang punya materi pemain mentereng bisa terjungkal dipapan tengah. Kita tunggu saja kejutan yang akan dibuat Laskar Mahesa Jenar.

 

Komentar

komentar