STRIKER.ID – Asosiasi Sepak Bola Benua Eropa (UEFA) terus berbenah menghadapi ketatnya persaingan tim-tim Eropa. Setelah beberapa waktu lalu mereka mengumumkan regulasi baru mengenai jumlah tim yang lolos dalam satu liga, kini mereka mengumumkan peraturan baru mengenai Liga Champion dan Liga Europa.

6 Transfer Gagal Yang Pernah Dilakukan Pep Guardiola

Peraturan baru ini mencakup lima poin penting. Berikut ulasan pendeknya :

1. Jumlah pergantian pemain dalam babak perpanjangan waktu

Pada peraturan baru disebutkan UEFA memberikan satu bonus pergantian pemain jika pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu. Artinya apabila pemenang sudah bisa ditentukan dalam waktu 90 menit, maka setiap tim hanya diberikan tiga pergantian pemain. Namun jika pertandingan dipaksa memasuki perpanjangan waktu 2 x 15 menit maka setiap tim diberikan 4 pergantian pemain

 

2. Jumlah pemain bangku cadangan

UEFA menambah kuota pemain pengganti menjadi 12 orang dalam satu pertandingan, atau bertambah lima orang. Sebelumnya setiap tim hanya diperbolehkan membawa 18 pemain dalam setiap pertandingan. Kini mereka total membawa 23 pemain.

 

3. Tiga pemain bebas larangan

Aturan baru ini membuat klub bisa mendaftarkan tiga pemain bebas larangan. Dalam kasus ini adalah larangan bermain untuk seorang pemain yang sudah terdaftar diklub lain pada paruh pertama. Contoh kasusnya adalah Coutinho, gelandang Barcelona ini tak diperbolehkan bermain di Liga Champion karena terdaftar sebagai pemain Liverpool sebelum bursa transfer Januari. Dengan peraturan baru ini Coutinho kini bisa bermain membela Barcelona.

 

4. Perubahan waktu bertanding

Perubahan ini berlaku pada semua fase mulai babak penyisihan grup, play-off hingga final. Dimusim depan kick off akan dimulai sekitar pukul 03:00 WIB.

5. Badge spesial untuk Liga Europa

Perubahan yang tak kalah pentingnya adalah reward bagde juara bagi tim yang sukses  menjadi juara sebanyak tiga kali. Badge ini nantinya bisa dipasang dibagian lengan jersey.

Berikut 11 Pemain Berpostur Paling Menjulang di Liga Spanyol, Young Guns…

Komentar

komentar