STRIKER.IDLiga 1 musim 2018 masih baru bergulir dua pekan. Akan tetapi, kabar buruk sudah menyelimuti dunia sepak bola Tanah Air dengan turunnya rangking kompetisi kasta tertinggi Indonesia dalam AFC Competition Ranking secara drastis dibandingkan musim lalu.

Baca Juga

Berdasarkan rilis rangking kompetisi terbaru yang dikeluarkan Asian Football Confederation (AFC) bagi negara-negara anggotanya menyatakan bahwa Liga 1 Indonesia saat ini menempati peringkat ke-28 Asia. Dilihat dari musim lalu, Indonesia masih menempati rangking 20 Asia, lalu di Desember 2017, berada di peringkat 24.

Di Asia Tenggara, Liga Indonesia berada di bawah Liga Thailand (9), Liga Malaysia (13), Liga Filipina (17), Liga Vietnam (19), Liga Singapura (23), dan Liga Myanmar (25).

Banyak faktor yang membuat penurunan rangking ino, salah satunya kualitas dan konsistensi penyelenggaraan Liga. Sejatinya terus merosotnya peringkat Indonesia tentu harus diperhatikan oleh PSSI selaku badan yang menaungi sepak bola Indonesia.

Dengan adanya penurunan rangking ini membuat Indonesia terancam hanya bisa mengirimkan satu klub yang akan langsung lolos ke Piala AFC tahun berikutnya. Sementara, untuk satu klub lagi harus mengikuti kualifikasi, dan jalan untuk menuju Liga Champions Asia juga semakin sulit.

 

Berita sebelumyaWaduh! Karena Hal Ini AFC Jatuhi Hukuman Bagi Bali United
Berita berikutnyaVIDEO: Ini Lho Alasan Pelatih Level UEFA Pro Mau Jadi Asisten di Arema FC
Jurnalis aktif untuk portal berita online striker.id. Punya pengalaman sebagai video jurnalis untuk beberapa stasiun televisi. Bapak satu anak yang senang dengan traveling dan selalu penasaran dengan hal - hal baru.

Komentar

komentar