photo:okezone.com

STRIKER.ID-Stadion Mandala Krida, Yogyakarta yang menjadi kandang klub kontestan liga 2, PSIM Yogyakarta sebentar lagi bakal semakin “cantik” dengan polesan yang baru.

Hal itu dikarenakan stadion yang memiliki kapasitas 25.000 penonton itu tengah direnovasi total dan akan semakin apik layaknya stadion di luar negeri.

Yang lebih menarik, dari informasi yang beredar, Stadion Mandala Krida akan menggunakan rumput berstandar internasional jenis zoysia matrella, atau yang bisa disebut dengan manila.

Perlu diketahui, rumput jenis zoysia matrella adalah rumput yang juga digunakan di kandang Bayern Munich, Allianz Arena. Selain itu, stadion terbesar di Indonesia seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) serta Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) juga menggunakan rumput jenis zoysia matrella.

Hal itu disampaikan langsung oleh Edy Wahyudi, Ketua Badan Pemuda dan Olahraga Yogyakarta. Menurut Edy, untuk mengganti rumput stadion seperti di Allianz Arena, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 35 Milyar dan 40 persen dari dana tersebut sebagian digunakan untuk memperbaiki lintasan atletik.

“Rencananya bulan April ini akan memasuki tahap akhir dari renovasi, yakni meliputi pembenahan di bagian lintasan atletik dan rumput lapangan. Kami akan menyediakan dana sebesar 35 miliar Rupiah, di mana 40 persen dari dana itu digunakan untuk memperbaiki lintasan atletik,” kata Edy dilansir dari sumberbola.net.

Selain rumput, pihak pengelola nantinya juga akaan memperbaiki sistem drainase, agar saat digunakan pada musim penghujan, air bisa cepat meresap tanpa menghentikan laga.

“Soal lapangan, yang menjadi perhatian utama kami adalah sistem drainasenya. Nanti rencananya pipa akan ditanam di bawah lapangan dengan kedua sisinya lebih dimiringkan agar air bisa lebih cepat meresap. Soal rumput lapangan, rumput itu seperti yang digunakan di GBK,” pungkasnya.

Komentar

komentar