STRIKER.ID – Kompetisi teratas Britania Raya atau Premier League memastikan tak akan menggunakan VAR atau Video Asisstan Referee untuk musim depan. Keputusan tersebut sudah diambil dan diumumkan oleh operator mereka.

Sebetunya Inggris bukannya menolak, namun hanya menunda saja sembari mengkaji kembali urgensi penggunaan VAR. Keputusan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan antara pemegang saham/ sponsor yang disetujui oleh 20 klub yang berlaga di Premier League.

8 Nama Asing yang Berpotensi Diboyong Pep Guardiola Musim Depan

Menurut informasi yang dinukil di Skysport.com dua pertiga dari total 20 klub memilih opsi untuk mengkaji kembali penggunaan VAR.

Tahun ini VAR sebenarnya sudah diterapkan di Inggris. Piala FA menjadi kompetisi yang digunakan untuk uji coba teknologi baru ini. Sayangnya penggunaan VAR menuai beberapa kontroversi  ataupun kritik dari pemain, pelatih dan penikmat EPL.

- Advertisement -

Atas dasar itulah masa percobaan VAR diperpanjang dan tak akan diterapkan di kasta teratas.

“Keputusan diambil setelah diskusi koprehensif mengenai progres yang diterapkan pada proses percobaan VAR untul kemajuan kompetisi Inggris dan kami tetap akan menggunakannya di kompetisi lain.

“Klub telah setuju untuk kembali melanjutkan tes tersebut hingga penghujung musim 2018/19 agar didapat kematangan dimasa depan,” tulis FA.

Sebelumnya desakan penggunaan VAR digaungkan oleh manajer City, Pep Guardiola. Selain Guardiola, pemain City, Bernardo Silva juga berharap Inggris menerapkan VAR untuk wasit.

Disisi kontra, ada manajer Spurs, Mauricio Pochetino yang menolak adanya VAR. Poch menyebutkan VAR merusah unsure kesenangan dalam sebuah pertandingan. Bahkan dia mengakui lebih baik kalah ketimbang harus menunggu wasit untuk memberikan keputusan.

Sementara itu penggunaan VAR kemungkinan akan diterapkan di FA Cup dan Carabao Cup.

6 Alasan Yang Membuat Barcelona Harus Tersingkir Dari Liga Champion

VAR sendiri sudah diterapkan dibeberapa liga besar seperti Serie A, dan Bundesliga. Piala Dunia 2018 juga dipastikan menggunakan video bantuan wasit ini.

Komentar

komentar