Photo:istimewa

STRIKER.ID-Jelang turun dalam mini turnamen bertajuk Anniversary Cup, pada 27 April-3 Mei 2018. Empat negara bakal berpartisipasi pada perhelatan ini termasuk jawara piala Asia U-23 musim lalu, Uzbekistan.

Dua negara lain yakni Korea Utara, dan Bahrain akan bersaing melawan Timnas Indonesia U-23. Turnamen ini digelar dalam rangka merayakan ulang tahun PSSI yang ke-66 yang jatuh pada 19 April. Turnamen ini juga sekaligus sebagai kegiatan test event mandiri Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Namun sebelum itu, Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani pemusatan latihan, selama tiga hari. Mulai 23-26 April di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

“TC dimulai 23 April 2018. Untuk pemain yang akan dipanggil, kemungkinan sama seperti saat melawan Singapura U-23 (TC ketiga),” ujar asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti Tukiman, dilansir dari Liputan6.com.

Lebih lanjut pelatih yang juga eks legenda Persema Malang itu mengatakan, nantinya tim pelatih bakal memanggil 3 pemain senior untuk menambah kekuatan tim.

“Mungkin ada tiga pemain senior dalam TC nanti,” kata Bima.

Dipanggilnya 3 pemain senior itu kedalam skuat timnas, dikarenakan ada peraturan atau regulasinya, oleh karena itu timnas akan mencoba memanfaatkan aturan tersebut dan akan dicoba dalam turnamen dalam waktu dekat ini.

Dan kemungkinan 3 pemain senior yang akan dipanggil adalah sebagai berikut:

1. Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa merupakan salah satu kandidat terkuat untuk mengisi slot pemain senior di Timnas Indonesia U-23. Apalagi pemain asli Jakarta ditiga bulan terakhir sudah dua kali dipanggil.

Saat timnas beruji tanding melawan timnas Islandia pada Januari 2018 silam serta ikut serta pada TC kedua Timnas pada Februari lalu.

Andritany merupakan kiper pilihan utama Milla di skuad senior Timnas Indonesia. Menilik dari seringnya mantan kiper Sriwijaya FC tersebut menghuni Garuda Muda, bukan tidak mungkin sosoknya bakal kembali dipercaya di turnamen Anniversary Cup.

1. Fachrudin Aryanto

Bek Timnas Indonesia milik Madura United Fachrudin Aryanto, bisa masuk kembali kedalam skuat timnas memiliki peluang yang cukup besar, apalagi saat ini timnas besutan pelatih Luis Milla tengah keholamgan dua bek tengah.

Hansamu Yama dan Rachmat Irianto sedang mengalami cedera. Mau tidak mau, Milla bakal memanggil pemain senior untuk posisi belakang.

Hansamu menjadi satu dari dua bek senior yang membela Timnas Indonesia saat menghadapi Islandia. Pemain lainnya ialah Victor Igbonefo namun benteng Persib Bandung itu hingga kini masih mengalami cedera.

Pengalaman serta kualitasnya dapat diandalkan Milla untuk membimbing Andy Setyo maupun Bagas Adi di jantung pertahanan.

3.Ilija Spasojevic
Satu slot pemain senior Timnas U-23 hampir pasti milik Ilija Spasojevic. Pemain Bali United itu merupakan langganan Garuda Muda sejak dinaturalisasi pada tahun lalu.

Tapi, Spasojevic tengah di bawah performa. Dalam tiga partai di Liga 1, penyerang berusia 30 tahun tersebut masih kering gol.

Meski begitu, pencapaian tersebut nampaknya tidak terlalu mempengaruhi peluang Spasojevic berkostum Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, eks Bhayangkara FC ini tidak memiliki saingan bomber lokal kecuali Lerby Eliandry.

Sebenarnya masih ada satu pemain yang bisa menjadi alternatif untuk dimasukkan dalam skuat timnas U-23, pemain tersebut adalah Boaz Solossa, sosok Boaz bisa dimasukkan ke dalam skuat timnas karena memiliki rekam jejak yang sangat tinggi dalam timnas.

 

Komentar

komentar