STRIKER.ID – Sebagain dari pecinta Timnas Indonesia tentu masih ingat dengan sosok pelatih asing asal Argentina yang pernah membesut skuad Garuda, Luis Manuel Blanco?. Yup, memang kabar pelatih yang ditunjuk sebagai pelatih Timnas pada tahun 2013 ini jarang terdengar di telinga pasca meninggalkan Tanah Air.

Baca Juga

Memang nama Luis Manuel Blanco belum begitu familiar ditelinga pecinta sepak bola Tanah Air, hal tersebut dikarenakan ia belum sempat menunjukkan kualitasnya karena hanya sekitar 2 bulan menjadi pelatih kepala kala itu.

Kepergian pelatih 64 tahun tersebut bukan karena bermasalah dengan Timnas, tapi akibat kepengurusan PSSI yang tidak jelas kala itu. Terkadang Luis menjadi pelatih kepala timnas senior, terkadang menjadi pelatih kepala U19 karena kepentingan elite PSSI kala itu.

Setelah mengalami masa-masa pahit menjadi pelatih kepala timnas Indonesia, akhirnya Luis Manuel Blanco pulang ke negaranya untuk menjadi pelatih Club SD Flandria di Liga Argentina untuk musim 2013/2014. Setelah itu ia menjadi pelatih kepala Club Aurora di Liga Bolivia (2014-2015), Atlético Boxing Club di Liga Argentina (2017).

Kini kabar terbaru dari Luis seperti dilansir dari situs transfermarkt yakni ia menjadi pelatih kepala Mons Calpe SC di Liga Utama Gibraltar. Ia menjadi pelatih kepala Mons Calpe SC sejak 09 Januari 2018 lalu dengan durasi kontrak yang tidak dipublikasikan.

Luis Manuel Blanco sesungguhnya seorang yang berkualitas dalam dunia sepakbola. Ia pernah menjadi pemain klub top Amerika Latin yaitu CA Lanus dan Boca Juniors. Ia juga pernah menangani klub top Meksiko dan Argentina serta China U20 sebelumnya. Akan tetapi memang, setelah menjadi pelatih kepala timnas Indonesia, karir Luis Manuel Blanco menjadi tidak begitu baik. Mungkin pengalaman buruknya diperlakukan semena-mena elite PSSI saat itu berpengaruh besar terhadap psikis sang pelatih yang memang sempat melaporkan PSSI ke duta besar Argentina di Indonesia kala itu.

 

 

 

 

 

 

Komentar

komentar