photo:kompasnasional.com
STRIKER.ID– Menjadi pemain sepakbola memiliki masa tersendiri, apalgi khususnya pesepakbola di Indonesia, bisa bertahan lebih dari 35 tahun dan masih dipakai di kompetisi elit saja itu sudah luar biasa.
Dan usia 30 menjadi batas dimana seorang pemain harus mulai menata hidupnya di luar olahraga ini. Tidak bisa di pungkiri kemampuan mereka sudah jauh menurun.
Seperti mengerti akan hal tersebut, beberapa mantan pemain Timnas diam-diam mulai merambah profesi lain. Siapa sajakah pesepakbola yang siap menyambut masa tuanya? Simak ulasannya berikut.
1.EKA RAMDANI
photo:tribunnews.com
Namanya pasti menjadi nama yang tidak asing untuk pecinta sepakbola tanah air. Sebagai pesepakbola pria asli Bandung memiliki kemampuan luar biasa saat bermain. Meski terbilang kecil namun umpan dan tendangan akuratnya kerap jadi momok bagi lawan. Selain jago di atas lapangan, mantan pemain Persela juga handal dalam berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan bisnis jasa ekspedisinya yang ia dirikan, selain itu, ia juga mengembangkan bisnis usahanya dengan membuka usaha kuliner
2.TONI SUCIPTO
photo:simamaung.com
Bisnis kuliner yang tak ada hentinya, dan begitu laris di Indonesia juga membuat eks timnas ini terjun ke bisnis makanan.
Bersama rekanya yakni Airlangga, Toncip sapaan akrabnya mengubah sebuah alat transportasi yakni Bus menjadi sebuah restoran.
Restoran tersebut lalu ia namakan Street Gourmet, bus yang biasa digunakan untuk perjalanan diubah menjadi tempat makan yang hadirkan sensasi berbeda. Usaha yang ia dirikan ini berdiri pada tahun 2015. Suguhan makanannya pun berupa masakan Indonesia, Barat dan Jepang.
3.ANDIK VERMANSYAH
photo:sepakbola.com
Selain beberapa nama tadi, Eks Selangor FA Andik Vermansyah juga menjadi mantan pemain Timnas yang membuka usaha sampingan. Bertempat di daerah Depok dirinya membuka sebuah lapangan futsal.
Bertempat di daerah dekat pusat perbelanjaan lapangan ini hampir tidak pernah sepi minat. Selain untuk berolahraga, usaha yang dibangun mantan pemain Persebaya juga acap kali digunakan untuk nobar sepak bola. Meski tak pernah disebut berapa pendapatannya dari usaha ini, namun tempat ini banyak sekali diminati.
4.AMARZUKHI
photo:kompasnasional.com
Jika 3 pemain lain diatas banyak mendirikan usaha yang cukup dikenal banyak orang, lain lagi dengan Amarzukhi. Meski terbuang dari skuad Macan Kemayoran, Persija Jakarta. Amarzukhi memilih memilih usaha yakni menjadi juragan tanah.
Usaha yang ia rintis dimulainya tahun 2015 lalu, dirinya mengaku meneruskan bisnis dari keluarganya. Belajar dari ayahnya sendiri, Amarzukhi kini terus mendapatkan pendapatan uang dari hal tersebut. Bahkan lantaran usaha tanah ia mampu mencukupi kehidupannya di saat gaji lagi seret dari klubnya. Saat ini karier Amarzukhi dilanjutkan bersama PSMS Medan

Komentar

komentar