STRIKER.ID – Nama Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah pasti banyak dikenali publik sepak bola dunia. Hal tersebut menyusul adanya stadion 76 ribu penonton itu yang kerab digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai ivent sepak bola nasional hingga internasional. SUGBK sendiri menjadi stadion yang memiliki sejarah panjang dengan desain uniknya.

Baca Juga

Akan tetapi, Stadion yang terletak di Ibu Kota ini bakal memiliki saudara. Dimana salah satu klub asal Spanyol berniat merombak markas mereka yang desainnya cukup mirip dengan SUGBK.

Klub tersebut yakni Valencia yang merupakan sebuah klub asal Spanyol yang kini berkompetisi dikasta tertinggi Liga Spanyol yaitu La Liga. Kini Klub asal Kota Valencia ini berkandang di Stadion Mestalla yang sudah berdiri sejak tahun 1923 dan memiliki kapasitas 53 ribu penonton.

Mereka berencana memugar Stadion Mestalla yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2019 atau 2020 mendatang. Pemilik klub Valencia yang merupakan pengusaha asal Singapura, Peter Lim menunjuk seorang arsitek ternama Mark Fenwick untuk merombak Stadion Mestalla. Rencanannya stadion baru itu akan diberinama Nou Mestalla.

Uniknya desain baru stadion Mestalla ini sangat mirip dengan Stadion terbesar di Indonesia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, jika dilihat baik-baik bentuk bagian atap dan warnannya sangat mirip dengan Stadion Gelora Bung Karno.

Meski begitu, Perbedaan mencolok antara desain Stadion Nou Mestalla dan Stadion Gelora Bung Karno ini terletak pada bagian dalam stadion, karena Stadion ini tidak memiliki lintasan atletik, tidak seperti Stadion Gelora Bung Karno yang memiliki lintasan atletik.

Nou Mestalla direncanakan akan memiliki kapasitas 55 ribu penonton dan disebut-sebut akan memakan biaya hingga 100 juta euro. Menurut sang arsitek juga dia akan membuat stadion ini bisa bertahan hingga 100 tahun lebih.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

komentar