STRIKER.ID – Tak masuknya nama Radja Nainggolan kedalam daftar pemain Belgia pada Piala Dunia 2018 menumbuhkan sedikit rasa kecewa masyarakat Indonesia. Maklum masyarakat kita menaruh rasa bangga dan memiliki dalam segala hal yang berbau Indonesia.

Namun ternyata ada beberapa pemain berdarah Indonesia yang pernah tampil dan bahkan mentas pada Piala Dunia 2018 kali ini. Siapa saja mereka ? berikut ulasannya dilansir dari Football-Tribe.com.

Massimo Luongo (Australia, 2014 dan 2018)

Yang paling hangat ada pemain Queens Park Rangers yang memiliki darah Indonesia dan Italia. Dia mendapatkan darah Indonesia dari sang ibu dan Italia dari sang ayah. Namun meskipun berdarah campuran Indonesia dan Eropa, namun Luongo lahir, besar dan bermukim di Australia. Karena itulah dia memperkuat Negara Kanguru sejak 2014 silam.

 

Giovanni Van Bronckhorst (Belanda, 1998, 2006 dan 2010)

Bagi generasi Y tentu tak asing dengan nama pemain berdarah Maluku yang satu ini. Van Bronckhorst merupakan putra dari Victor Van Bronckhorst dan Frasien Sapulette, wanita asli Saparua, Maluku. Tak hanya dikancah Internasional, Van Bronckhorst juga menjadi salah satu pemain yang disegani Eropa ketika membela klub-klub besar macam, Feyenoord, Arsenal, Barcelona

 

John Heitinga (Belanda, 2006 dan 2010)

Hubungan masa lalu antara Nusantara dan Belanda membuat keduanya memiliki banyak keturunan. Salah satunya adalah mantan pemain Ajax Amsterdam ini. Kakeknya, Gijsbert Johanes Heitinga merupakan pria kelahiran Pulau Belitung. Sementara ayahnya merupakan kelahiran Jakarta.

 

Nigel de Jong (Belanda, 2010 dan 2014)

Mantan gelandang AC Milan ini memang mengakui punya darah Indonesia yang mengalir pada tubuhnya. Bahkan tatto yang membalut tubuhnya terinspirasi dari motif ornamen dan pola ukiran prajurit tradisional Indonesia.  Darah Indonesia yang mengalir pada tubuhnya dia dapatkan dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku.

Danny Landzaat (Belanda, 2006)

Nama pemain yang satu memang jarang terdengar. Maklum dia hanya membela tim-tim seperti kecil Wigan Athletic atau klub domestik Belanda seperti Fenyernoord, AZ Alkmaar. Meskipun demikian, penamilan ciamiknya mampu mengantarkanya dalam daftar timnas Belanda pada Piala Dunia 2006 silam. Diketahui dia mendapatkan darah Indoensia dari sang Ibu yang merupakan asli Maluku.

 

 

 

 

Komentar

komentar