STRIKER.ID – Pelatih anyar Italia, Roberto Mancini membuka pintu selebar-lebarnya bagi penjaga gawang veteran, Gianluigi Buffon jika memang kembali menjadi penjaga gawang utama Timnas. Mantan manajer Inter Milan tersebut mengatakan tak ada alasan baginya untuk menolak pemain yang siap dan berpengalaman terlebih seperti Buffon.

“Jika seorang yang sehat/siap dan sedang dalam kondisi yang bagus pada saatnya nanti maka saya tak punya alasan untuk tidak memanggilnya,” ujar Mancini kepada Radio Rai Uno.

7 Kekalahan Terparah Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Piala Dunia, Nomor 4 Dan 7 Paling Parah

Dia menambahkan pemain veteran sangatlah penting bagi tim, apalgi saat ini Italia  minimnya stok pemain berpengalaman karena mundur selapas kegagalan dikualifikasi Piala Dunia.

“Pemain yang berpengalaman akan membatu timnas muda ini.”

Pun demikian bukan berarti manajer baru Italia ini akan bergantung pada Buffon. Dia mengatakan dua penjaga gawang lainnya, Gianluiggi Donnaruma(AC Milan) dan Mattia Perin(Juventus)  juga tak kalah dengan kualitas Buffon. Meskipun dalam segi pengalaman internasional keduanya masih terbilang hijau.

“Saya yakin penjaga gawang saya semuanya adalah starter termasuk Donnaruma dan Perin.”

“Saya yakin mereka akan bermain dengan tim-tim mereka(mendapatkan jam terbang) dan saya akan mengawasi mereka secara bergantian. Salah satu caranya adalah melihat mereka dari luar dan didalam lapangan,” lanjutnya.

Buffon mengumumkan pensiun dari timnas selepas gagal berpartisipasi di Piala Dunia usia ditakhlukan Swedia dengan agregat 0-1. Kekalahan ini sangat menyakitkan bagi penggawa Gli Azzuri, sampai-sampai empat pemain senior(Daniele de Rossi, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci) lainnya mengikuti langkah Buffon untuk mengakhiri karir Internasionalnya.

7 Kekalahan Terparah Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Piala Dunia, Nomor 4 Dan 7 Paling Parah

Karena itu Buffon pun menolak panggilan laga persahabatan kontra Arab Saudi, Perancis, dan Belanda.

 

Tugas pertama Mancini akan datang pada UEFA Nation League di bulan September nanti dimana mereka akan menghadapi Polandia. Selanjutnya mereka juga akan menghadapi lawan tangguh, Portugal.

 

Komentar

komentar