Photo: istimewa

STRIKER.ID– Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya begitu sangat sennag dengan olahraga sepakbola. Saking senangnya di berbagai daerah di sekolah sepakbola seakan menjamur .

Dari situlah bakat bakat terpendam pesepakbola tanah air akhirnya dapat ditemukan hingga menghasilkan pemain pemain timnas.

Namun setelah menjadi pemain timnas, beberapa pesepakbola pilihan itu akhirnya harus tersisih dengan berbagai sebab.

Mereka terlunta-lunta di kompetisi kelas dua di negeri ini, berikut 6 mantan andalan garuda yang kini berkiprah di Liga 2 siapa sajakah mereka ?

1. Firman Utina (Kalteng Putra)

Photo: istimewa

Gelandang serang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia kini membela klub liga 2, Kalteng Putra, pria 36 tahun itu juga merangkap sebagai assisten pelatih.

2. Yongki Ariwibowo (Aceh United)

Photo: istimewa

Sejak dilepas Barito Putera Yongki kerap menemui batu sandungan untuk bergabung dengan klub Liga 1. Yongki sempat mengadu nasib di tim promosi Liga 1, PSMS Medan, tapi tidak lolos seleksi.

Kemudian eks Arema in mencoba peruntungan bersama PSM Makassar, tapi Yongki gagal menyedot perhatian pelatih Robert Rene Alberts, hingga akhirnya ia seleksi di Aceh United Dan diterima.

3. Oktavianus Maniani (Perserang Serang)

Photo: sindonews.com

Sempat menanjak karirnya saat membela Timnas Indonesia, nama Oktovianus Maniani sudah lama tidak terdengar kabarnya.

Pemain asal Papua ini mendapati ketenarannya saat membawa Indonesia tampil luar biasa di Piala AFF 2010.

Okto Maniani saat ini berkompetisi di klub kasta kedua liga Indonesia.

Sewaktu ia pindah ke Persiram setelah hengkang dari Sriwijaya, kelakuan negatifnya tidak dapat diubah saat memperkuat Laskar Bahari.

Semenjak itu, karir Okto mulai meredup. Ditambah lagi dengan cedera yang dialaminya membuat karir eks pemain timnas itu merosot tajam.

Okto hanya mampu membela klub dari kompetisi kasta kedua Liga Indonesia seperti, Madura FC, Persak Kebumen, dan Persiter Ternate.

4. Cristian Gonzales (PSS Sleman)

Photo: tribunnews.com

Pemain naturalisasi Uruguay itu tercatat pernah membela klub besar tanah air macam PSM, Persik, Arema, Persib, ia pun juga pernah membela timnas pasca resmi dinaturalisasi.

Sekarang ia membela PSS Sleman meski ia belum bisa dimainkan lantaran terjadi masalah dengan mantan klubnya Madura United.

5. Syamsul Chaeruddin (PSS Sleman)

foto: matakita.co

Gelandang pekerja keras ini juga terdampar di klub kasta kedua, setelah malang melintang di beragam klub kasta teratas tanah air. Ia kini membela PSS Sleman

6. Saktiawan Sinaga (Persiwa Wamena)

Photo: istimewa

Pemain senior yang akrab disapa Sakti ini pernah membela PSMS Medan pada kurun waktu 2004 hingga 2008 lalu.

Di Timnas Indonesia, dia sejak 2003 hingga 2005 membela Timnas U-23. Kemudian Timnas senior pada tahun 2004 sampai 2009. Sekarang ia bermain until Persiwa Wamena

Komentar

komentar