foto : Football-tribe.com

 

STRIKER.ID – Nama Abel Xavier dikenal orang bukan karena prestasinya, namun karena kehidupannya yang penuh sensasi serta rambut blondenya. Namun siapa sangka, pemain yang pernah terjerat kasus doping tersebut kini menjadi mualaf dan mengganti namanya menjadi ‘Faisal’.

Pemain yang lahir pada 1972 ini tercatat pernah membela tim-tim besar seperti Benfica, PSV, Everton, Liverpool hingga AS Roma. Dilahirkan sebagai keturunan Mozambik, Xavier memilki kulit gelap dan rambut  yang hitam.

foto : Football-tribe.com

Pada awal karirnya dia tak begitu neko-neko, paling dia cuma memanjangkan rambutnya ala kuncir kuda Roberto Bagio. Namun penampilannya berubah drastis ketika mendapatkan debut di Premier League.

Entah angin apa yang membuatnya mengecat seluruh rambutnya dengan warna pirang, bahkan janggut dan kumisnya pun tak luput. Sebagai pria yang punya kulit gelap jelas rambut blonde begitu mencolok mata. Namun alih-alih risih, pemain timnas Portugal ini menjadikan rambut blolde sebagai ciri khasnya sejak saat itu.

Namun gaya rambut Xavier ketika masih membela Everton dan Liverpool masih belum seberapa. Yang paling nyentrik adalah gaya rambut ketika dia membela Hannover 96 pada 2003 silam.

Rambut blondenya semakin nyentrik dengan perpaduan dreadlock mohawk . Pada level ini Xavier lebih cocok menjadi aktor film-film laga.

Selain rambut pirang dan gaya rambut aneh, Xavier juga pernah mendulang kontroversi karena terbukti menggunakan doping pada 2005. Xavier yang saat itu berstatus pemain Middlesbrough kedapatan menggunakan obat-obatan berjenis methandienone yang dapat meningkatkan kinerja fisik.

Akibatnya UEFA memberikannya sanksi selama 18 bulan larangan main. Namun kemudian dikurangi menjadi 12 bulan setelah mengadakan banding. Sialnya karena sanksi tersebut, Xavier melewatkan laga final Piala UEFA yang mempertemukan Middlesbrough dan Sevilla.

Setelah menjalani masa hukuman, ia kembali merumput bersama The Boro untuk menghabiskan kontraknya. Tak lama LA Galaxy menyodorkan kontrak selama dua tahun yang kemudian ia iyakan.

Di MLS dia membuat sensasi baru. Selain hadir dengan gaya rambut baru dia terlibat perseteruan dengan manjar LA Galaxy saat itu sekaligus legenda Belanda, Ruud Gullit. Dia beranggapan legenda AC Milan tersebut tak bisa menjalin hubungan baik dengan anak-anak asuhnya kecuali David Beckham.

Perseteruan keduanya semakin memanas takala Gullit menuduh Xavier berpura-pura cedera karena enggan bermain dibawah kepemimpinannya.

Selepas kontraknya habis, Xavier akhirnya memutuskan mengakhiri karir serta aksi-aksi kontroversialnya pada tahun 2008.

Uniknya tak lama setelah pensiun, Xavier kembali muncul dengan kabar baru yang mengjutkan. Kali ini dia mengumumkan dirinya menjadi seorang Mualaf dan menggubah namanya menjadi Faisal.

“Meski merupakan perpisahan yang emosional, saya berharap bisa terlibat pada suatu yang sangat istimewa ketika memasuki tahap baru dalam hidup saya”, ucap Xavier.

“Pada saat-saat sulit, saya telah menemukan kenyamanan dalam Islam. Secara bertahap saya belajar dari agama yang menganut kedamaian, kesetaraan, kebebasan. dan harapan. Ini sangat penting”, kata Xavier dikutip  dari goal.com.

Kini Xavier tetap menggeluti dunia yang membesarkan namanya. Hingga detik ini Abel ‘Faisal’ Xavier tercatat masih aktif menjadi manajer timnas Mouzambik, seperti dilansir dari Football-tribe.com

Komentar

komentar