STRIKER.ID – Kita mungkin sudah terbiasa melihat mantan pemain Piala Dunia yang berkiprah di Asia Tenggara dengan status marquee player.  Namun tahukan anda jika ada beberapa orang atau pemain yang berkiprah di kompetisi-kompetisi Asia Tengara.

Meskipun tak banyak namun mereka-mereka ini pernah menjadi bagian kompetisi di Asia Tenggara, bahkan beberapa diantaranya pernah membela beberapa klub di Indonesia.

Deretan Pemain Liga Malaysia Yang Tampil Di Piala Dunia, Nomor 5 Ikut Piala Dunia…

Berikut paparanya dilansir dari Football-tribe.com :

Andrew Nabbout

Siapa yang menyangka penyerang Timnas Australia ini pernah membela tim asal Malaysia, Negeri Sembilan. Nabbout yang kala itu berusia 22 tahun sukses mencetak 9 gol dari total 14 penampilan pada tahun 2016. Sayangnya raihan apik tersebut gagal membuatnya bertahan dan akhirnya dilepaskan ditahun yang sama.

Selepas itu dia kembali ke Australia untuk bergabung dengan Newcastle Jets selama dua musim dan bergabung bersama klub asal Jepang, Urawa Red Diamond hingga saat ini. Penampilan apiknya di J1.League membuat manajer Australia, Bert van Marwijk memanggilnya untuk memperkuat Socceroos diajang Piala Dunia 2018.

Hamid Estili

Kembali dua dekade sebelumnya ada Hamid Estili yang menjadi pahwalan kemenangan Iran atas Amerika Serikat pada Piala Dunia 1998. Setahun sebelum Piala Dunia di Perancis tersebut, Estili ternyata sempat mampir di Liga Singapura bersama Geylang United yang sekarang berganti nama menjadi Geylang Internasional.

Marcel Mahouve

Foto : Tribunnews Roger Mila(9) , Marcel Mahouve (8)

Pemain yang disebut-sebut sebagai putera legenda Kamerun Roger Mila ini pernah merumput di Liga Indonesia pada 1996-1997, tepatnya membela Putra Samarinda(Pusam). Pada periode tersebut Mahouve bersama Roger Milla sukses mengantarkan Pusam hingga lolos 12 besar Liga Indonesia II.

Setahun setelah itu dia hijrah ke Perancis untuk membela Montpellier. Kepindahan tersebut tak disangka membuatnya masuk dalam skuat Kamerun yang dibawa pada Piala Dunai 1998.

Jalal Telebi(Pelatih)

Sebelum menukangi Iran pada Piala Dunia 1998, Talebi tercatat pernah menjadi nahkoda beberapa tim Asia Tenggara pada periode 1996-97. Tim-tim yang dia tukangi seperti, Geylang United (Singapura), PSM Makasar dan juga Tim Nasional Muda Indonesia. Kiprahnya ditanah air tak begitu lama karena dia mengambil tugas menjadi pelatih Iran di Piala Dunia 1998.

Alireza Faghani (Wasit)

foto : Liga 1

Wasit asal Iran ini mendadak menjadi perbincangan dikalangan netizen tanah air selepas menjadi juru adil pada pertandingan antara Jerman dan Meksiko pada Piala Dunia 2018. Pasalnya Faghani pernah tercatat memimpin 6 pertandingan kopetisi Liga 1 Indonesia 2017 lalu. Diantaranya Persib vs Bhayangkara, Persija vs PS TNI, Persib vs Madura United, Persijma vs Semen Padang, Barito Putera vs Bali United dan Persipura vs Arema FC.

Sunkhiddin Hj. Mohd Salleh dan Christopher Raj (Wasit)

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) patut berbangga karena mendapat kehormatan untuk mengirimkan dua wasitnya untuk berpartisipasi di Piala Dunia 2018. Pasalnya keduanya dipilih mengalahkan jutaan wasit yang tersebar diseluruh kompetisi top dunia ini.

Disebut Paling Megah, Inilah Lima Stadion Paling Mahal Di Piala Dunia 2018, Asli Bikin…

Meskipun demikian keduanya tak akan turun dilapangan langsung. Subkhiddin Hj Mohd Salleh akan bertugas sebagai  Instruktur Teknikal Wasit di Moscow. Sedangkan  Christopher Raj akan bertugas sebagai pengatur Media di Rusia.

Komentar

komentar