STRIKER.ID – Pernahkan kalian merasa bertanya-tanya berapakah gaji seorang wasit Piala Dunia ? Meskipun tak sebanyak gaji pemain-pemain top dunia, namun wasit-wasit ini menerima gaji yang tak sedikit loh.

Seperti dilansir dari Football-tribe.com, FIFA belum merilis secara resmi gaji yang diterima oleh pengadil lapangan Piala Dunia Rusia 2018. Namun salah satu media Brasil, UOL Esporte melaporkan gaji yang diterima wasit di Piala Dunia berbeda-beda berdasarkan pengalaman dan perjalanan karir mereka selama ini.

Miris! Gaji Pemain Timnas Ini Tak Lebih Mahal Dari Kuli Bangunan, Padahal Main Di Piala Dunia Lho

Pada Piala Dunia 2018 sendiri melibatkan 36 wasit, 63 asisten wasit serta 13 wasit VAR. Rincian untuk wasit adalah sebagai berikut; lima dari AFC, enam dari CAF, enam dari CONCACAF, enam dari CONMEBOL, dua dari OFC, dan 10 dari UEFA. Dari 36 nama tersebut tercatat ada 16 wasit yangn masuk katagori wasit elite alias berpengalaman. Wasit seperti Cuneyt Cakir (Turki), Felix Brych (Jerman), dan Nestor Pitana (Argentina) masuk ke dalam daftar tersebut.   

Sedangkan untuk asisten wasit, ada 10 perwakilan AFC, sembilan perwakilan CAF, delapan dari CONCACAF, 12 dari CONMEBOL, tiga dari OFC, dan 20 dari UEFA.

Wasit elite dikabarkan menerima gaji sebesar 70ribu dolar AS (999 juta rupiah) sepanjang gelaran Piala Dunia. Nilai tersebut belum termasuk fee 3000 dolar AS (42 juta rupiah) setiap pertandingan yang mereka pimpin.

VIDEO: Unik Banget, Ada Piala Dunia di TPS Pilkada Ini Lho

Untuk assisten wasit Piala Dunia disebutkan menerima gaji sebesar 25 ribu dolar AS(357 juta rupiah) untuk satu bulannya di Rusia. Sedangkan untuk wasit VAR belum diketahui menghasikan berapa dolar sepanjang Piala Dunia. Namun kemungkinan mereka mendapatkan gaji lebih kecil dari wasit utama dan asisten wasit.

Komentar

komentar