legendaris_punah

STRIKER.ID – Dari rentetan sejarah panjang perjalanan dunia sepak bola Indonesia, terdapat cukup banyak klub-klub yang pernah memiliki nama besar dan berjaya dimasa lalu dan kini hanya tinggal namanya saja yang tercatat di arsip sejarah. Bahkan juga masih terdapat beberapa klub yang terus untu bertahan hidup namun dengan menggunakan nama yang berbeda lantaran berbagai alasan, salah satunya ambil alih saham oleh klub atau pihak lain.

Baca Juga

Salah satu klub yang menalami berbagaimacam perubahan untuk bisa bertahan hidup yakni Pelita Jaya. Selain itu juga ada klub Bandung Raya dan Gelora Dewata, hanya saja bedanya kedua kedua klub tersebut tak semurni dahulu.

Bandung Raya yang sempat bubar pada tahun 1997 karena krisis keuangan, kembali lahir pada 2007 lalu. Ketika itu, Bandung Raya berkompetisi di Liga Nusantara alias kompetisi amatir regional Jawa Barat. Namun pada tahun 2012, seiring akuisisi Pelita Jaya oleh pemilik saham mayoritas Bandung Raya, kedua klub ini pun melebur menjadi Pelita Bandung Raya dan sempat bermain di Indonesia Super League.

Sedangkan Gelora Dewata saat ini sudah menjadi Deltras Sidoarjo. Pemilik klub HM Mislan memindahkan homebase klub dari Denpasar, Bali, ke Sidorajo Jawa Timur. Sebelum menjadi Deltras Sidoarjo, nama klub ini sempat berubah menjadi Gelora Putra Delta. Namun tak lama, nama klub ini kembali berubah menjadi Deltra Putra Sidoarjo alias Deltras. Tahun 2003, HM Mislan menjual klub kepada Pemkab Sidoarjo.

Namun, selain tiga klub yang masih bertahan tersebut juga ada beberapa klub lain yang juga memiliki nama besar di masa lalu, hanya saja klub tersebut kini hanya tinggal nama saja. Dan berikut ini adalah deretan klub yang pernah menghiasi jagad sepakbola Tanah Air.

Prev1 dari 5
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar